JIS Jadi Lokasi Pertandingan Barcelona Vs Atletico Madrid

Warga berdatangan jelang grand launching Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Jakarta – Jakarta International Stadium (JIS) sedang jadi pembahasan hangat di media massa dan media sosial. Ini tak lepas dari kedatangan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono pada Rabu 5 Juli 2023.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

Dalam kesempatan itu, mereka melakukan peninjauan kondisi JIS karena ingin dijadikan lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Setelah melihat semuanya, Basuki menyoroti beberapa hal.

Salah satu yang kemudian jadi perbincangan hangat adalah kualitas rumput yang disebut tak sesuai standar FIFA. Media sosial ramai merespons hal tersebut. Tak sedikit dari mereka mencibir pernyataan Basuki.

Manchester United Kena Bantai, Ten Hag Beber Kesalahan Fatal Tim

Pelatih U-18 Barcelona Iban Cuadrado (kiri) dan pelatih Atletico Daniel Perez.

Photo :
  • Antara/Michael Siahaan

Perihal JIS terus saja selalu jadi perbincangan hangat karena dibumbui isu politik. Stadion yang dibangun di era Gubernur Anies Baswedan kerap kali dapat penilaian minor dari lawan politiknya.

Pemain Keturunan Indonesia Tampil, Crystal Palace Hancurkan Man Utd 4-0

Stadion yang proses pembangunannya memakan biaya sekira Rp4 triliun ini pertama kali digunakan untuk pertandingan sepakbola internasional pada April 2022. Itu merupakan rangkaian dari soft launching JIS.

Ajang sepakbola bertajuk International Youth Championship diikuti beberapa klub ternama di Eropa, yakni Barcelona U-18 dan Atletico U-18. Dua tim sisanya adalah Bali United U-18 dan Indonesia All Stars U-20.

Pada ajang tersebut, sekitar 652 personel keamanan dikerahkan. Itu bukan cuma dari Korps Bhayangkara, tapi juga unsur TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Setelah turnamen tersebut, pertandingan yang melibatkan tim profesional lainnya di JIS adalah Persija vs Chonburi FC. Kedua tim memainkan pertandingan persahabatan pada 24 Juli 2022.

Puluhan ribu Jakmania datang memadati tribun JIS. Mereka sangat antusias melihat tim kebanggaan di stadion yang memang sudah lama dinantikan kehadirannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya