Klub Liga 1 Tentang Bhayangkara FC Jadi Tim Khusus Pemain Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan
Sumber :
  • Twitter | PSSI

VIVA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, buka suara terkait respons klub terkait rencana menjadikan Bhayangkara FC bakal dijadikan tim khusus untuk pemain timnas Indonesia. Erik mengungkapkan, rencana itu banyak mendapatkan pertentangan dari klub-klub Liga 1 2023-2024

Cek Fakta: Timnas Indonesia Dicoret AFC Gegara Suap Wasit

Rencana menjadikan Bhayangkara FC sebagai klub khusus Timnas Indonesia muncul usai Timnas U-20 batal tampil di Piala Dunia U-20. PSSI berharap agar pemain-pemain yang sudah disiapkan tetap terjaga dan mendapatkan menit bermain yang cukup.

Hal ini sebenarnya tidak jauh berbeda di bola basket. Untuk tim basket, ada Indonesia Patriots yang memang dihuni oleh pemain-pemain nasional.

Bukti Sahih Timnas Indonesia U-23 Tak Layak Dihukum Penalti

Dalam aturannya, tim ini tak akan pernah bisa menjadi juara karena tujuannya memang untuk pembinaan. Namun, Erik menuturkan bahwa rencana ini tampaknya sulit diadopsi ke sepakbola lantaran banyak pertentangan.

“Tahun ini sebenarnya kita inginkan Bhayangkara jadi bagian dari pembentukan tim nasional, seperti di basket ada Indonesia Patriots,” ujar Erick Thohir.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Generasi Emas

“Coba final IBL, dari Prawira, dari Pelita Jaya itu ada empat sampai lima jebolan Indonesian Patriots dan levelnya tak kalah dengan pemain Satria Muda yang senior,” tambahnya.

Lebih lanjut, Erick menjelaskan jika pemain dikumpulkan dalam sebuah klub, para pemain akan memiliki pengalaman yang bagus. 

Sebab, para pemain ini akan menghadapi pertandingan setiap pekan dan melawan pemain-pemain berpengalaman bahkan pemain asing berkualitas yang tampil di Liga 1.

“Artinya ada percepatan karena kita ini bukan Eropa yang punya sistem pendidikan dari akar rumput ke atas,” ucap Erick Thohir.

“Kita masih kagetan, tidak bisa seperti itu. Euforia juara SEA Games, timnas U-19 kita yang perempuan ke semifinal untuk pertama kali dalam sejarah, bukan itu yang kita harapkan,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya