Pelatih PSMS Medan Pasang Badan Usai Dipermalukan Semen Padang FC

Pelatih PSMS, Miftahudin Mukson, saat memberikan keterangan pers
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

Sumut – Semen Padang FC berhasil menaklukkan PSMS Medan dihadapan suporter dengan skor 1-2, di Stadion Baharoeddin Siregar, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat sore 1 Desember 2023.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Gol Semen Padang dilesatkan oleh striker Kenneth Nwoke yang mencetak gol ke-11 bagi klubnya. Striker PSMS Medan, Jose Valencia mencetak gol balasan menit ke-60, namun gol balasan dari Ahmad Ihwan menit ke-65 mengubur asa PSMS meraih poin tambahan.

Atas kekalahan ini, Pelatih PSMS, Miftahudin Mukson, mengucapkan permohonan maaf, semua ini, tanggungjawab dirinya, atas pertandingan gagal raih tiga poin di kandang sendiri.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

"Pertama-tama saya minta maaf karena kekalahan pertama ini. Tidak ada yang mau kalah, artinya saya juga tidak bisa menyalahkan karena semua tanggungjawab dari tim ini adalah saya di lapangan," sebut Miftahudin, dikutip Sabtu 2 Desember 2023.

Pelatih PSMS, Miftahudin Mukson, saat memberikan keterangan pers

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra
Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Miftahudin mengungkapkan dalam laga ini, persiapan matang dilakukan PSMS Medan, karena melihat Semen Padang FC memiliki berforma permainan cukup baik.

"Memang hasilnya tidak sesuai harapan kita, tapi ini adalah sepakbola," kata Miftahudin.

Miftahudin menjelaskan dalam ketinggalan gol di babak pertama, membuat dirinya harus memutar otak dengan memasukkan semua striker yang tersedia. Namun, hasilnya tidak mendukung timnya. Ia mengungkapkan bahwa lawan lebih efektif dalam pemanfaatan peluang.

"Mungkin bisa melihat bagaimana cara kami bermain. Kami sudah berusaha, namun ada peluang-peluang yang tidak bisa kami konversi menjadi gol. Ini adalah pelajaran yang sangat berharga bagi kami. Ini adalah tantangan yang harus kita hadapi, semoga ke depannya bisa lebih baik," jelas Miftahudin.

Dia menegaskan bahwa semua anggota tim, termasuk Fardan Harahap dan Sandeni, telah terlibat secara maksimal dalam pertandingan menjamu Semen Padag tersebut.

Miftahudin juga mengakui bahwa masalah finishing, pembagian tugas, dan ruang adalah aspek yang harus diperbaiki, baik dari segi taktikal maupun psikologis.

Di sisi lain, Miftahudin bertekad memberikan hasil positif untuk PSMS yang masih memiliki dua pertandingan sisa. Seperti diketahui, PSMS Medan akan menjamu PSPS Pekanbaru pada 9 Desember mendatang, dsn bertandang ke markas Sriwijaya FC, 17 Desember mendatang.

Bek PSMS asal Korea, Gisu-Kim, mengatakan dirinya bersama tim akan bangkit, untuk berjuang sepenuhnya dalam sisa Laga di Liga 2 Indonesia, dengan optimis melaju ke babak 12 besar.

"Kami akan bekerja keras pada dua pertandingan terakhir. Saya optimis tim ini akan lolos ke 12 besar. Tak perlu khawatir, saya akan bertanggung jawab jika ada masalah dengan tim ini," tutur Kim.

Kim mengungkapkan permintaan maaf atas kinerjanya yang dianggap kurang memadai dalam mengawal lini pertahanan PSMS Medan, yang berkontribusi pada kekalahan tim.

"Kami bertarung untuk tempat di 12 besar dan berusaha semaksimal mungkin. Namun, kami mengecewakan para penggemar dan pendukung. Kami pasti akan bangkit di lain waktu dan berhasil masuk ke 12 besar. Kami akan memastikan untuk meraih posisi 12 besar pada pertandingan selanjutnya, Maaf," ucap Kim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya