Stadion Berbentuk Peci Ini Jadi Venue Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Stadion Al Thumama, Qatar
Sumber :
  • fifa.com

Qatar – Timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023 di Qatar. Armada Shin Tae-yong tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Pemkot Semarang Siapkan 3 Layar Raksasa Buat Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bakal merasakan stadion megah di Qatar. Dua antaranya merupakan venue di Piala Dunia 2022 yakni Ahmad Bin Ali Stadium dan Al Thumama Stadium.

Al Thumama Stadium yang berlokasi di Doha akan menjadi venue duel Jepang vs Indonesia pada 24 Januari 2024. Berikut profil singkat stadion untuk yang berbentuk peci tersebut.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Bonus Rp23 Miliar dari 23 Pengusaha

Stadion Al Thumama mulai dibangun sejak 2017 lalu, selesai pada tahun 2021, dan jadi salah satu stadion yang dibangun khusus untuk menyambut Piala Dunia 2022. Stadion Al Thumama terletak 12 kilometer dari ibu kota Doha dan memiliki kapasitas sekitar 40.000 penonton. 

Stadion Al Thumama, Qatar

Photo :
  • besoccer.com
Pemkot Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan di Depok Open Space

Desain stadion ini cukup unik, karena terinspirasi dari peci tradisional atau gahfiya, topi tenun tradisional yang digunakan oleh pria dan anak laki-laki di Arab. 

Sebagai bagian integral dari kehidupan keluarga dan pusat tradisi, gahfiya melambangkan datangnya usia bagi kaum muda. Saat kepercayaan diri dan ambisi yang muncul yang menandai langkah pertama ke masa depan dan realisasi mimpi, ini adalah inspirasi yang tepat untuk stadion unik ini. 

Eksteriornya yang putih cemerlang menonjol di tengah lingkungan hijau yang rimbun dengan area untuk bermain dan bersantai. Stadion Al Thumama menghadirkan visi di luar inspirasi dan tujuannya: menandai datangnya usia untuk permainan yang indah.

Pembukaan resmi dari stadion ini sudah dilakukan pada Oktober 2021 silam, bertepatan dengan penyelenggaraan final Emir Cup 2021, mempertemukan antara Al Rayyan dan Al Sadd. Laga tersebut dimenangkan oleh Al Sadd. S

Stadion Al Thumama memiliki keistimewaan ketimbang stadion-stadion lainnya di Piala Dunia, yaitu venue ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Hamad. 

Stadion Al Thumama memiliki sistem pendingin secara artifisial, sebagai bagian dari strategi agar udara di dalam stadion sejuk. Udara dalam stadion didinginkan, memakai kipas bertenaga energi matahari yang langsung terasa ke seluruh arena stadion. 

Stadion Al Thumama, Qatar

Photo :
  • qatarliving.com

Kawasan di sekitar stadion akan menjadi pusat komunitas dengan fasilitas untuk berbagai olahraga, termasuk bola tangan, bola voli, bola basket, dan renang. Lintasan untuk lari dan bersepeda juga akan mengelilingi kawasan ini, menyediakan jalan keluar bagi olahragawan dari setiap lini.

Juga akan ada sejumlah unit ritel dan komersial yang dibuat untuk memastikan area tersebut menjadi pusat olahraga dan aktivitas yang ramai.

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo menangis di Al Thumama Stadium.

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

Di Piala Dunia 2022 silam, Stadion Al Thumama sempat menghelat 8 pertandingan. Salah satunya adalah duel Maroko vs Portugal di perempatfinal pada 10 Desember 2022.

Di luar dugaan, Maroko menang 1-0 dan menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia. Tangis Cristiano Ronaldo pecah usai pertandingan dan berjalan sendirian ke ruang ganti pemain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya