Tak dianggap Shin Tae-yong, Pelatih Persib Ungkap Striker Ini Bagus untuk Timnas Indonesia

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Bojan Hodak menilai Timnas Indonesia masih memiliki penyerang berkualitas. Pernyataan pelatih Persib tersebut untuk menanggapi keluhan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang menyebut Indonesia kekurangan penyerang haus gol.

Timnas Indonesia Sedang Berkembang, Pemain Vietnam Malah Pesta Narkoba

Erick Thohir sebelumnya mengatakan Timnas Indonesia kekuarangan penyerang tajam usai tersingkir di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Pada ajang itu, Indonesia hanya mampu mencetak tiga gol dari empat laga yang dijalani di ajang Piala Asia 2023 Qatar. Tiga gol tersebut terjadi saat Timnas Indonesia melawan Timnas Irak (15/1), Vietnam (19/1), dan Jepang (23/1).

Mengharukan, Shin Tae-yong Menangis Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Kala menghadapi Australia di babak 16 besar, Indonesia sejatinya mampu memberikan perlawanan, sejumlah peluang juga berhasil didapatkan. Namun, penyelesaian akhir masih menjadi masalah terbesar pasukan Shin Tae-yong.

"Melihat dari Piala Asia sebelumnya, kita mengalami kekurangan penyerang tajam," kata Erick dilansir laman resmi PSSI Kamis 1 Februari 2023.

Witan Sulaeman Pecah Kepala Saat Timnas Indonesia Vs Guinea, Sang Istri Langsung Ungkap Kondisinya

Terkait hal itu, Bojan Hodak mengatakan sebenarnya bukan Indonesia saja yang kekurangan penyerang bagus, tapi hampir setiap tim di Asia Tenggara.

Hal itu dikarenakan kurang kompetitifnya kompetisi dan banyaknya klub-klub yang menggunakan penyerang asing.

"Saya rasa itu tugas dari pengembangan pemain muda. Menurut saya ini adalah masalah di seluruh Asia terkait pengembangan pemain muda karena tidak punya liga kelompok usia yang kuat," kata Bojan Hodak.

"Ketika bermain melawan tim yang lebih bagus atau pemain yang lebih bagus, itu adalah cara untuk terus berkembang. Jadi ini masalah bagi sebagian besar negara di Asia, bukan hanya di Asia Tenggara. Jadi itu kenapa striker sulit berkembang, karena baru mulai bertanding (di level kompetitif) sangat terlambat," ucapnya.

Akan tetapi, Bojan Hodak menilai sebenarnya Timnas Indonesia memiliki penyerang yang hebat. Pemain tersebut menurut Hodak adalah striker Persis Solo, Ramadhan Sananta.

Dengan usia yang masih muda, Hodak menilai Sananta akan memiliki masa depan yang bagus jika terus dibina dengan baik.

"Tapi tidak bisa juga disebutkan bahwa tidak ada striker lokas bagus. Ada Sananta yang menurut saya bagus, top, dia masih muda dan masih bisa terus berkembang banyak," ucapnya.

Kami juga mempunyai beberapa pemain seperti Ryan (Kurnia) di posisi tersebut, Ferdi juga terus berkembang. Jadi selalu Indonesia punya striker muda yang bagus," jelasnya.

Hanya saja, ketiga pemain yang disebutkan Hodak itu tidak dianggap oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Berkaca dari skuad Piala Asia 2023 kemarin, hanya Ramadhan Sananta yang masuk skuad.

Akan tetapi, eks penyerang PSM Makassar itu sama sekali tidak diberikan menit bermain sepanjang perjalanan Indonesia di Piala Asia 2023. Shin Tae-yong lebih memilih Rafael Struick sebagai ujung tombak.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya