4 Tim yang Lolos Semifinal Piala Asia 2023, Jangan Cari Timnas Indonesia

Jepang vs Iran di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AFC

VIVA – Piala Asia 2023 kini memasuki babak semifinal. Tuan rumah Qatar menjadi tim terakhir yang memastikan tiket ke babak empat besar ajang empat tahunan ini.

Presiden FIFA Bangga dengan Pencapaian Timnas Indonesia: Bergerak ke Arah yang Benar


Qatar lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Uzbekistan lewat adu penalti, di Stadion Al Bayt, Sabtu 3 Februari 2024. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 hingga akhir babak tambahan waktu.


Iran sejatinya sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Hidemasa Morita di babak pertama. Iran bangkit di babak kedua dan membalikkan skor berkat gol Mohammad Mohebi dan penalti Alireza Jahanbakhsh di masa injury time.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-23 Gagal Tembus Olimpiade 2024

Di babak adu penalti, hanya dua eksekutor Qatar yang gagal mencetak gol. Sementara dari Uzbekistan, tiga penendang mereka gagal menjalankan tugasnya. Dengan demikian Qatar keluar sebagai pemenang. Mereka menang adu penalti 3-2 atas Uzbekistan.

Sebelum Qatar, Timnas Iran menyegel tiket ke semifinal usai menang dramatis melawan raksasa Asia yaitu Jepang. Team Melli maju ke semifinal lewat comeback 2-1 dan penentu kemenangan lewat penalti di menit akhir.

Fakta Menyakitkan di Balik Kegagalan Timnas Indonesia Tembus Olimpiade

Dua tim lainnya yang lolos ke semifinal adalah Korea Selatan yang sebelumnya mengalahkan Timnas Australia dengan skor 2-1.

Korea Selatan mendominasi penguasan bola. Di sisi lain Australia bermain cukup efektif dalam menyerang meski sayangnya kurang klinis di depan gawang.

Gol Australia dihasilkan Craig Goodwin. Sementara gol Korea Selatan dipersembahkan Hwang Hee-chan dan Son Heung-min. Satu kartu merah juga dikeluarkan wasit untuk Aiden O'Neill.

Selain Korsel, ada  Timnas Yordania. Mereka memastikan diri jadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala Asia 2023. Berhadapan dengan Timnas Tajikistan, Yordania menang dengan skor 1-0.

Adapun babak semifinal akan diselenggarakan pada 6 dan 7 Januari. Pertandingan pertama akan mempertemukan Jordania melawan Korea Selatan. Kemudian sehari kemudian Iran melawan Qatar.

Lantas, di mana Timnas Indonesia? Pasukan Shin Tae-yong hanya mampu mencapai babak 16 besar. Usai mencatatkan sejarah, Indonesia dibantai Australia 4-0.

4 Tim Semifinalis PIala Asia 2023.

1. Yordania
2. Korea Selatan
3. Irak
4. Qatar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya