Vietnam Dapat Kabar Buruk Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Kualfikasi Piala Dunia

Bek Timnas Vietnam Doan Van Hau (kanan) saat bersua Timnas Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Nguyen Manh Quan

VIVA – Vietnam mendapatkan kabar buruk jelang menghadapi Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Vietnam terancam tidak diperkuat pemain andalannya dalam laga tersebut.

Timnas Indonesia Gilas Yordania, Coach Justin Puji STY: Sekarang Gak Long Ball Lagi

Vietnam dan Timnas Indonesia akan dua kali berhadapan pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta 21 Maret 2024. Lima hari kemudian giliran Vietnam yang jadi tuan rumah.

Untuk dua pertandingan tersebut, Vietnam belum dapat memastikan full back andalan Doan Van Hau bisa dimainkan. Pasalnya, sang pemain masih menjalani perawatan cedera tendon archilles.

Penampilan Timnas Indonesia Moncer di Tangan STY, Coach Justin Semprot Bung Towel: Gak Ngerti Bola!

Van Hau sebelumnya sudah absen membela timnas Vietnam sejak November 2023. VTC News menyatakan Van Hau masih harus beristirahat tiga hingga enam bulan sejak tindakan medis yang dilakukan di Singapura pada November 2023.


Van Hau merupakan salah satu pemain andalan meski masih berusia 24 tahun. Pemain yang pernah dikontrak tim Heerenveen itu menjadi andalan Park Hang Seo ketika masih menjadi pelatih Vietnam.

Kode Keras Erick Thohir Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong: Ini Kan yang Ditunggu-tunggu?

Kehadiran Van Hau sangat dibutuhkan pelatih Philippe Troussier yang mengincar hasil positif saat menghadapi Indonesia sekaligus membalas kekalahan di ajang Piala Asia 2023.

Tanpa Van Hau di Piala Asia lalu, Troussier mengandalkan pemain-pemain yang lebih muda seperti Vo Minh Trong, Giap Tuan Duong, dan Phan Tuan Tai.

Di sisi lain, Van Hau jadi pemain Vietnam paling terkenal di Indonesia. Pasalnya, dia kerap bermain kasar dan beberapa kali membuat pemain Indonesia cedera.

Perkenalan pertama Van Hau dengan Timnas Indonesia terjadi pada final SEA Games 2019. Ketika itu Van Hau melanggar kaki Evan Dimas hingga mantan pemain Timnas Indonesia U-19 itu harus menggunakan kursi roda dalam prosesi penyerahan medali.

Pada Piala AFF 2022, aksi Van Hau yang kasar saat melawan Malaysia dan Indonesia sempat mendapat sorotan. Pada laga semifinal melawan Indonesia, Dendy Sulistyawan dan Ricky Kambuaya, menjadi korban tekel Van Hau. Sementara Asnawi Mangkualam mendapat sikut pemain 24 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya