5 Pemain Timnas Indonesia Lulusan Pondok Pesantren, No 4 Top Skor Liga Santri

Asnawi Mangkualam di laga Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam
Sumber :
  • PSSI

Jakarta - Ada sejumlah pemain Timnas Indonesia yang pernah menempuh pendidikan di pondok pesantren. Selain itu juga mereka sangat taat dalam beribadah.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Meskipun lahir di pondok pesantren, para pemain tersebut mampu menembus Timnas Indonesia. Berikut beberapa pemain Timnas Indonesia lulusan pondok pesantren, dilansir berbagai sumber:

1. Witan Sulaeman

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Witan Sulaeman dan Pratama Arhan rayakan gol Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Witan Sulaeman merupakan pemain Timnas Indonesia dan tergabung dalam skuad Piala Asia 2024 beberapa waktu lalu, ia juga kini memperkuat Bhayangkara FC setelah sebelumnya bermain untuk Persija Jakarta.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Namun jarang banyak ketahui, bahwa Witan Selaeman pernah menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Syekh Zainudin Abdul Makhjid di Lombok Timur, NTB.

2. Evan Dimas

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono.

Photo :
  • INASGOC/Charlie/sup

Evan Dimas sebelumnya pernah memperkuat Timnas Indonesia baik di level junior hingga senior. Namun, ia gagal dipanggil di Piala Asia 2024. Kini pemain berusia 28 tahun itu memperkuat PSIS Semarang.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu pernah menempuh pendidikan di pondok Pesantren di SMA Nahdlatul Ulama Shafta Lontar Citra, Surabaya.

3. Nadeo Argawinata

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata

Photo :
  • Twitter/Wokosetiawn

Nadeo Argawinata merupakan pemain Timnas Indonesia yang berposisi sebagai penjaga gawang dan masuk dalam skuad Piala Asia 2024. Kini ia memperkuat Borneo FC dan berhasil mengantarkan klubnya itu ke puncak klasemen Liga 1 musim ini.

Mantan penjaga gawang Bali United itu pernah menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Al Husna, Kediri, Jawa Timur.

4. Muhammad Rafli Mursalim

Pesepak Indonesia U19 Muhamad Rafli Mursalim (tengah) melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Singapura U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Muhammad Rafli Mursalim merupakan pemain Timnas Indonesia, namun ia gagal masuk dalam skuad Piala Asia 2024. Kini pemain berusia 24 tahun itu bermain untuk klub asal Kamboja yaitu Nagaworld.

Mantan pemain Persija Jakarta tersebut pernah menempuh pendidikan Pondok Pesantren di Al As'ariyah Banten. Selain itu juga, Muhammad Rafli Mursalim pernah menjadi top skor di Liga Santri Nusantara pada tahun 2016.

5. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam Bahar

Photo :
  • twitter.com/asnawi_bhr

Asnawi Mangkualam merupakan kapten Timnas Indonesia di Piala Asia 2024. Kini ia bermain untuk tim Thailand yaitu Port FC. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan itu merupakan lulusan pondok pesantren di Makassar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya