Rahasia Persib Jadi Tim Tersubur di Liga 1

Persib Bandung
Sumber :
  • Situs Resmi Persib Bandung

VIVA – Persib Bandung menjadi tim paling produktif dalam mencetak gol hingga pekan ke-27 Liga 1 2023/2024. Skuad Maung Bandung sudah mencatatkan 52 gol dari 27 laga.

STY Muda Pernah Bobol Gawang Persib, Ini Potretnya saat Duel dengan Robby Darwis

Dua kemenangan telak melawan PSIS Semarang (3-0) dan Rans Nusantara FC (4-0) membuat Persib berada di posisi teratas dalam urusan gol. Mereka hanya berselisih 2 gol dengan Madura United dengan 50 gol. 

Pelatih Persib, Bojan Hodak mengungkapkan rahasia timnya jadi tim tersubur di Liga 1. Menurutnya, Persib kini tidak tergantung pada duo Brasil, David da Silva dan Ciro Alves.

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

"Sebelumnya hanya ada Ciro dan David dan sekarang hadirnya Stefano (Beltrame) kami punya tambahan pemain (untuk mencetak gol)," kata Bojan kepada wartawan.

"Ryan (Kurnia) juga di dua laga terakhirnya bisa bermain dengan baik. Ini empat pemain yang jika sedang dalam performa terbaiknya akan sulit untuk dihentikan," lanjutnya.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Pelatih asal Kroasia ini mengatakan sejak awal kedatangannya dia lebih fokus memperbaiki sektor pertahanan. Lini belakang Skuad Maung saat itu begitu amburadul dengan kebobolan 10 gol dari empat laga.

"Saya rasa kami bisa mencetak gol di musim ini dan masalah kami adalah di pertahanan. Saya rasa sebelum saya datang, dari empat pertandingan, kami kebobolan sepuluh gol. Jadi ini yang diperbaiki dan ini alasan kami bisa di posisi kedua sekarang," terangnya.

Bojan merasa barisan pertahanan timnya akan semakin solid kedepannya karena chemistry antar pemain sudah menyatu. Komunikasi Kevin Mendoza dengan dua bek tangguh Alberto Rodriguez dan Nick Kuipers terjalin dengan baik.

Pun dengan perfoma Henhen Herdiana, Rezaldi Hehanussa dan Dedi Kusnandar yang terus menunjukan progres positif.

"Saya juga merasa masih bisa menjadi lebih baik karena dengan Kevin, dengan Alberto dan Nick yang sudah lebih baik dari saling pengertiannya, di beberapa laga terakhir, Henhen dan Rezaldi juga bermain sangat bagus, Dedi juga terus menjadi lebih baik setiap pertandingan," jelasnya.

Maka tidak heran, Persib Bandung yang awalnya berada di papan bawah perlahan merangsek naik ke empat besar. Kini, Persib menghuni peringkat kedua dengan koleksi 48 poin dari 27 pertandingan.

"Jadi saya rasa pemain bertahan kami dan ini adalah kunci kami bisa berada di titik ini sekarang," Ucap Bojan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya