Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernando Ari Gagalkan Penalti Australia

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari
Sumber :
  • Instagram @afcasiancup

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait penalti pada laga melawan Australia yang berhasil digagalkan Ernando Ari.

4 Pemain Naturalisasi Belum Pernah Bela Timnas Indonesia, Ada Eks Persija Jakarta

Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan atas Australia dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis 18 April 2024.

Gol tunggal Indonesia dicetak oleh Komang Teguh pada menit ke-45. Selain itu, pada laga ini kiper Ernando Ari menjadi pahlawan Indonesia karena berkali-kali menggagalkan sejumlah peluang emas Australia termasuk penalti.

Shin Tae-yong Berpeluang Tambah Pemain untuk Laga Timnas Indonesia Vs Irak dan Filipina

Indonesia dihukum penalti setelah Komang Teguh melakukan handsball di kotak terlarang, dan VAR mengesahkan keputusan wasit. 

Mohamad Traore menjadi eksekutor penalti ini, dan Ernando tampil heroik dengan membaca arah bola dengan sempurna dan berhasil menepisnya.

PSSI dan KNVB Jalin Kerja Sama, Ini yang Bakal Direncanakan

Shin Tae-yong menyebut kalau penyelamatan penalti Ernando Arijadi momen krusial pada laga tersebut. Momentum yang tercipta setelah kejadian itu mampu dijaga hingga laga berakhir.

"Setelah kami diganjar hukuman penalti, saya berpikir kalau Komang Teguh menyentuh bola dengan tidak sengaja, tapi kiper kemudian melakukan penyelamatan, itulah momen paling krusial pada laga tadi," kata Shin Tae-yong.

Terlepas dari itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut  mengatakan bahwa kepercayaan diri dan mental menjadi kunci di balik sukses Timnas Indonesia U-23 menuai tiga poin perdana sepanjang sejarah keikutsertaan di pentas Piala Asia U-23.

"Tentu saja Australia tim yang kuat, punya kemampuan fisik yang bagus, kecepatan, skill, teknik dan individu pemain yang sangat baik," kata Shin Tae-yong

Tetapi saya menekankan kepada pemain untuk tidak boleh menyerah dan tetap percaya diri, juga pentingnya mental yang kuat,"

"Pemain melakukan itu semua dengan baik, mereka berusaha dengan upaya yang hebat. Sekarang, tim kami terus berkembang. Itulah yang saya rasa membuat kami menang lawan Australia," ucap Shin Tae-yong.

Di sisi lain, kemenangan ini membuat Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara usai mengoleksi tiga poin. Indonesia akan menghadapi Yordania pada laga pemungkas yang dilangsungkan Minggu (21/4).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya