Timnas Malaysia Dapat Masalah Besar Jelang ASEAN Cup 2024

Pemain Timnas Malaysia meratapi kegagalan di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA – Timnas Malaysia ditimpa masalah besar jelang ASEAN Cup 2024 yang akan berlangsung pada 23 November hingga 21 Desember mendatang. 

Segrup dengan Vietnam di ASEAN Cup, Shin Tae-yong Tak Merasa Terbebani

Harimau Malaya tergabung di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Singapura, Kamboja dan Brunei Darussalam/Timor Leste. Hasil undian ini terbilang menguntungkan, karena di atas kertas mereka memiliki peluang besar untuk lolos ke babak semifinal.

"Hasil drawing yang menarik. Kami akan menghadapi Thailand, juara edisi terakhir dan tim lawan lainnya adalah Singapura, tetangga kita,” kata pelatih Malaysia, Kim Pan Gon

Timnas Filipina Jadikan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Batu Loncatan Juara di ASEAN Cup 2024

“Kita juga menghadapi Kamboja dan juga tim lain dari kualifikasi. Kami akan berusaha mendapatkan tenaga terbaik, tim terbaik untuk bertarung di Piala AFF," ujar Pan Gon. 

Akan tetapi masalahnya adalah Kim Pan Gon berpotensi kesulitan membentuk tim yang kuat. Pasalnya, dua klub besar Malaysia berencana tidak melepas pemainnya ke timnas. Kedua klub itu adalah Johor Darul Ta'zim (JDT) dan Selangor FC.

Bojan Hodak Punya Tradisi Juara, Lanjut di Persib Bandung?

Hal ini sebenarnya sudah dialami Malaysia pada Piala AFF 2022 lalu. JDT tidak melepas pemainnya ke timnas Malaysia dengan alasan bukan kompetisi resmi FIFA. 

Untuk ASEAN Cup 2024 ini, JDT kemungkinan besar akan kembali melakukannya, dan dilansir New Straits Times, Selangor FC juga berpeluang tidak melepas pemainnya.

Adapun kemungkinan lain dua klub ini tidak melepas pemainnya ke Timnas Malaysia lantaran jadwal yang kurang pas. Pada waktu yang hampir bersamaan JDT dan Selangor FC akan tampil di kompetisi Asia. JDT akan tampil di Liga Champions Elite Asia, sementara Selangor FC tampil di Liga Champions Asia 2 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya