KPPN Klaim Kongres Sah

Kongres PSSI
Sumber :
  • Zika Zakiya/VIVAnews

VIVAnews - Kongres PSSI ricuh saat hendak dimulai pada Sabtu, 26 Maret 2011. Sebanyak 78 anggota Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) mengambil alih Kongres dan lalu memilih tujuh anggota Komite Pemilihan dan tiga anggota Komite Banding. 

Kongres versi KPPN ini dipimpin oleh Usman Fakaubun, Sekretaris Pengurus PSSI Provinsi Papua. Dia mengklaim hasil kongres di Hotel Premiere, Pekanbaru, Riau ini, tetap sah.

Usman juga menyatakan tidak soal kongres versi KPPN itu tak dihadiri oleh wakil FIFA dan AFC yang tadinya direncanakan hadir. Menyusul terjadinya kericuhan, anggota Komite Asosiasi FIFA Frank van Hattum dan Sekjen AFC Alex Soosay yang semula akan datang meninjau jalannya Kongres, diungsikan ke Bandara Sutan Syarif Hasim II dan terbang kembali ke Jakarta.

Kejar Target 1 Juta Barel Minyak Per Hari, SKK Migas Perkuat Manajemen Rantai Pasok

"FIFA hanya sebagai observer (pengamat) dan rapporteur (penyampai laporan). Frank van Hattum tidak berhak membatalkan Kongres," kata Usman selepas Kongres. "Pemilik suara sah 78 anggota sudah memutuskan Kongres tetap berjalan tanpa kehadiran pengurus PSSI."

Usman mengatakan, selanjutnya hasil kongres akan dilaporkan malam ini ke FIFA.

Sebelumnya, dalam konperensi pers mendadak, Sekjen PSSI Nugraha Besoes menyatakan Kongres PSSI diputuskan dibatalkan. Keputusan itu, kata Nugraha, diambil dalam rapat mendadak di Bandara Sutan Syarif Hasim II, yang dihadiri Ketua Umum dan Sekjen PSSI serta utusan FIFA dan AFC.

"Mustahil dilakukan, ini sudah membahayakan," kata Nugraha. "Tidak kecil kemungkinan kita akan mendapat teguran (dari FIFA). Mudah-mudahan kita masih diberi kesempatan menggelar Kongres."

Van Hattum dan Soosay dijadwalkan akan kembali ke negara masing-masing dari Jakarta, Minggu pagi, 27 Maret 2011.

Soal kericuhan ini, Ketua Pengurus PSSI Prov Riau Indra M. Adnan sebagai tuan rumah menyatakan, "Saya tidak berani memberi garansi pada peserta. Saya minta pada Sekjen PSSI, agar kongres ini dibatalkan. Kami sebagai Pengprov angkat tangan, tidak melihat ada sisi silahturahim yang baik." (kd)

Zulhas Sebut Eko Patrio Pantas Menteri, Gerindra: Kami Senang-senang Saja
Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar

Kemenag Siapkan Skenario jika Bandara Minangkabau Tak Beroperasi akibat Erupsi Selama Masa Haji

Kementerian Agama menyiapkan sejumlah skenario apabila Bandara Minangkabau ditutup akibat terdampak paparan abu vulkanik selama pemberangkatan jemaah haji.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024