Riedl Mungkin Kembali Tangani Laos

Alfred Riedl
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Meski sempat dikecewakan PSSI, Alfred Riedl tetap membuka peluang melatih tim nasional Indonesia kembali di masa depan. Untuk sementara, Riedl akan kembali bernegosiasi dengan Laos.

"Mungkin suatu hari saya akan bekerja lagi untuk Timnas. Di bisnis gila seperti ini, Anda tak pernah tahu," sebut Riedl dalam e-mail kepada VIVAnews.

Sebelum menangani Tim Merah Putih, pria kelahiran Vienna, Austria, 2 November 1949 ini memang menangani tim nasional Laos era 2009-10. Laos yang ditanganinya mempermalukan Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2009. Setelah itu, Riedl malah ditawari menukangi Timnas senior dan U-23 proyeksi SEA Games 2011.

Sayangnya, seiring pergantian pengurus PSSI, Riedl ikut dipecat pada 13 Juli 2011 dan digantikan oleh pelatih asal Belanda, Wim Rijsbergen. Padahal, Riedl masih menyisakan kontrak sampai 6 Mei 2012.

Riedl lalu mengadu ke FIFA pada 12 Agustus lalu. Sambil menuntaskan urusan dengan PSSI dan menunggu keputusan FIFA selesai, Riedl akan kembali bernegosiasi dengan Laos.

"Saya akan terbang ke Laos dalam beberapa hari ke depan untuk bernegosiasi. Saya juga sempat mendapatkan beberapa penawaran di Indonesia.  Tapi, jika tak ada hal yang istimewa, kemungkinan besar saya akan meninggalkan Jakarta dalam 2 pekan ke depan," tutur Riedl.

Akankah Riedl melatih Laos lagi? Ataukah akan berlabuh di negara ASEAN lainnya? Karena Riedl memang sangat mengenal atmosfer sepakbola Asia Tenggara.

Sebelum melatih Laos, ia pernah menukangi Vietnam tiga kali pada era 1998-2001, 2003-2004 dan 2005-2007. Pada era ketiganya, Riedl sukses meloloskan Vietnam ke babak 8 besar Piala Asia 2007.

Vietnam menjadi satu-satunya dari empat tuan rumah Piala Asia 2007 (bersama Indonesia, Thailand dan Malaysia) yang mampu lolos ke babak 8 Besar. Itulah salah satu bukti 'tangan dingin' Riedl.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?
Detik-detik Serangan Israel ke Iran (Doc: Fox News)

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Hubungan antara Iran dan Israel kini memburuk setelah keduanya saling melakukan serangan langsung. Eskalasi konflik ini meningkatkan kekhawatiran akan timbulnya konflik

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024