Peserta Liga Tetap 24 Tim, Jadwal Belum Jelas

Pemain Persebaya Andik Vermansyah
Sumber :
  • ANTARA/PRASETYO

VIVAnews - Komite Kompetisi PSSI tidak merubah keputusan, terkait peserta level tertinggi kompetisi musim depan atau biasa disebut Liga Super Indonesia musim 2011-2012. Sebanyak 24 klub sudah ditetapkan berlaga di musim depan.

Hal ini diungkapkan Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus, dalam jumpa pers di kantor PSSI, Selasa 27 September 2011. Dua klub yang mengalami dualisme badan hukum, yakni Persija dan Persebaya juga tetap dilibatkan.

"Peserta kompetisi level teratas musim 2011-12 adalah 24 tim, yang terdiri dari 14 tim musim kemarin, 4 tim promosi dan 6 tim tambahan," kata Sihar kepada wartawan.

Sihar menambahkan AFC selanjutnya akan melakukan inspeksi selama dua pekan, mulai 30 September 2011. Namun hasilnya tidak akan mempengaruhi keikutsertaan klub-klub peserta ISL yang telah ditetapkan oleh PSSI sebelumnya.
 
Menurut Sihar, hasil inspeksi AFC hanya menentukan label klub, apakah sesuai standard Liga Champions Asia atau tidak. Meski kunjungan AFC molor dari jadwal awal, 26 September, PSSI memastikan kompetisi akan diikuti 24 tim.

"Jumlah tidak akan berkurang lagi, hanya label yang berubah. AFC akan mengumumkan apakah 24 klub berlabel ACL (Liga Champions Asia) atau non ACL," kata Sihar.

"Kalau tidak lolos, yang juara pun tidak bisa ikut ACL. Yang jelas, setiap pilihan pasti ada konsekuensi dan risiko yang akan kita hadapi," sambungnya

Mengenai jadwal kompetisi, Sihar mengaku belum bisa memastikan. Pria asal Medan itu masih menunggu sikap PT Liga Prima sebagai pihak penyelenggara meski sebelumnya sempat ditetapkan akan bergulir mulai 9 Oktober 2011.

"Soal kickoff (perdana) akan komunikasi dulu dengan PT Liga Prima. Saya harap sudah ada keputusan dalam satu atau dua hari kedepan," jelasnya, seraya memperkirakan kompetisi musim depan selesai pada Oktober 2012.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022