RD Belum Berpikir Tangani Timnas Senior

Pelatih Wim Rijsbergen dan asisten pelatih Rahmad Darmawan
Sumber :
  • ANTARA/ Puspa Perwitasari

VIVAnews - Wacana PSSI mengganti Pelatih timnas senior, Wim Rijsbergen dengan Rahmad Darmawan (RD) kian mengemuka usai penanggungjawab timnas, Bernhard Limbong mengatakan sengaja menempatkan RD menjadi pelatih U-23 sebagai figur yang bakal menggantikan pelatih asal Belanda tersebut.

Namun, bagi Rahmad Darmawan, wacana menggantikan posisi Wim Rijsbergen yang menurut Limbong bakal dilakukan seiring regenerasi dari timnas senior kepada skuad timnas U-23 tersebut dinilainya masih terlalu dini. Pelatih yang sempat menangani Sriwijaya FC tersebut mengaku belum mau memikirkan persoalan itu.

Baginya, saat ini yang terpenting adalah bagaimana menangani timnas U-23 memenangkan medali emas SEA Games XXVI mendatang. PSSI mematok target tinggi kepada RD untuk bisa meraih podium juara di ajang olahraga Asia Tenggara tersebut. Sementara soal 'naik jabatan' menjadi pelatih timnas senior, saat ini RD belum menanggapi, terlebih memikirkan.

"Menurut saya hal ini masih terlalu prematur. Sekali lagi saya katakan, fokus saya sekarang ini tidak mau kemana-mana. Fokus saya satu, saya ingin konsentrasi ke timnas U-23 SEA Games. Memikirkan saja saya belum, apalagi menjawab itu," ujar Rahmad Darmawan usai memimpin latihan timnas, Senin 18 Oktober 2011.

Sebelumnya, penanggungjawab Timnas, Bernhard Limbong menegaskan jika posisi RD yang saat ini menangani U-23 memang sengaja untuk dipersiapkan membentuk timnas senior yang berisikan skuad U-23 saat ini. Menurut Bernhard, pada masanya nanti, pemain-pemain U-23 tersebut akan mengambil alih peranan dari seniornya yang saat ini dipimpin Wim Rijsbergen.

"Jika dari sekarang RD sudah menangani mereka, pada saatnya nanti saat U-23 ini mengambil alih estafet dari timnas senior akan lebih mudah. Kita lihat Malaysia juga demikian. Timnas mereka sudah terbentuk sejak dari U-23 dan dengan pelatih yang sama. Kebersamaan dalam waktu lama tersebut yang akan membuat tim makin kuat," ujar mantan Exco PSSI era Nurdin Halid tersebut.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral
Viral Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Ditengah berjalannya pawai Timnas Indonesia itu terjadi hal yang menegangkan, yaitu momen ketika mobil trans Jakarta yang menjadi kendaraan imnas memasuki terowongan

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2023