Komdis PSSI Belum Bisa Ambil Putusan Terkait Kasus Persibo

Hinca Panjaitan, Sekjen Partai Demokrat.
Sumber :
  • VIVAnews
VIVAbola
PSSI Putuskan Keanggotaan Persibo 2 Bulan Lagi
– Komite Disiplin PSSI belum bisa mengambil keputusan terkait Persibo Bojonegero setelah tidak bisa menyelesaikan pertandingan melawan Sunray Cave JC asal Hongkong di laga penyisihan grup F, AFC Cup, Senin 8 April 2013.

Persibo Ajukan Surat Permohonan Kembali ke PSSI

Persibo terpaksa mundur dari pertandingan karena jumlah kouta pemain tidak memenuhi syarat untuk melanjutkan laga. Pemain Laskar Angling Dharma menyisakan 6 pemain. 5 pemain lainnya mengaku cedera hingga tidak bisa melanjutkan pertandingan. Sunray akhirnya menang 8-0 setelah pertandingan dihentikan pada menit 65.
Absen Jumpa Pers, Persibo Didenda AFC


Dalam Sidang Komdis, Rabu 17 April 2013, Ketua Komdis, Hinca Panjaitan menyatakan masih akan menggelar sidang lanjutan pada Rabu, 24 April 2013 mendatang. “Karena itu, kami Komdis belum bisa memberikan keputusan kepada Persibo. Kami masih akan menggelar sidang lanjutan, Rabu pekan depan,” kata Hinca di kantor PSSI.


Sidang kali ini hanya dihadiri CEO Persibo, Ferry Kodrat. Hinca menjelaskan, pihaknya telah melayangkan surat panggilan kepada pemain, dokter, offisial  Persibo pada Senin, 15 April 2013 lalu. “Namun hanya Ferry yang bisa menghadiri sidang Komdis. Padahal, kami harus mendengarkan semua keterangan dari semua elemen Persibo.”


“Ferry mengatakan kepada saya, pemain mereka tidak bisa hadir (dalam sidang) karena besok harus bertanding melawan Arema IPL,” beber Hinca.


Banyak pihak menduga, ada praktik pengaturan skor dalam pertandingan itu. Karena itu, Komdis PSSI akan terus berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk dengan Komdis AFC. Menurut Hinca, Komdis PSSI ada beberap metode untuk membuktikan adanya  tindak kecurangan dalam laga itu. Salah satunya, mendengar laporan match commisioner laga yang diikuti Persibo.


“Kami akan meminta laporan dari match commisioner dari 3 pertandingan yang diikuti Persibo sejak menelan kekalahan saat bertanding melawan New Radiant 7-0 (di Solo) hingga seterusnya. Kami akan meminta laporan mereka, mulai dari wasit, pemain dan dokter tim; untuk membuktikan benar atau tidak pemain mengalami cedera,” beber Hinca.


Sementara itu, mengenai status keanggotan Persibo yang masih dikenai sanksi PSSI berdasarkan Kongres Bali 2010, hal itu bukan wewenang komdis. “Mengenai sanksi Persibo itu wewenang Kongres. Sebagai Komdis kami hanya mengurusi pemain,” Hinca menambahkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya