Komding Anulir Keputusan Komdis Soal Borneo FC Vs Persis

Pemain Persis Solo, Andrid Wibowo (21)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Betha
VIVAbola – Komisi Banding (Komding) PSSI memutuskan laga Pusamania Borneo FC melawan Persis Solo tetap digelar di Samarinda, Kalimantan Barat. Selain itu, Komding juga memutuskan laga babak 8 besar Divisi Utama itu boleh dihadiri oleh penonton.
Laga Piala Kemerdekaan Ricuh, Apa Tindakan Tim Transisi?

Anggota Komding, Alfred Simanjuntak, mengaku bahwa keputusan ini diambil setelah pihaknya melakukan dissenting opinion (pendapat yang berbeda). Namun, dia menegaskan bahwa keputusan Komding ini tidak bulat.
Asisten Wasit Terkena Lemparan Batu Saat Final Kapolda

"Ini adalah keputusan Komding setelah melakukan dissenting opini. Tidak bulat, tapi diambil berdasarkan Kode Disiplin dan manual Liga," kata Alfred kepada wartawan di kantor PSSI, Selasa 11 November 2014.
Komdis PSSI Usut Dugaan "Sepakbola Gajah" PSS Vs PSIS

Seperti diketahui, Komding menerima banding PBFC hari Jumat (7 November 2014) lalu. Pihaknya pun langsung memproses permintaan tersebut.

"Main seperti biasa, tetapi nanti ada supervisi dari LIGA. Waktunya juga LIGA yang menentukan. Tetapi ada batas akhir pelaksanaan pertandingan," sambungnya.

Keputusan Komding ini menganulir keputusan sebelumnya dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Ketika itu, Komdis menghukum Persis harus bertanding ulang dengan Borneo FC di tempat netral tanpa dihadiri penonton.

Komdis mengatakan, keputusan ini diambil setelah pihaknya melakukan investigasi mendalam. Komdis meminta keterangan dari beberapa pihak terkait kronologi kejadian saat Persis akan bermain tandang ke kandang Borneo FC di Samarinda, Kalimantan Timur. 

Selain mematahkan putusan Komdis, Komding juga tetap memberikan hukuman denda 100 juta rupiah kepada Persis. Lalu denda masing-masing 25 juta rupiah kepada Manajer Tim Persis, Totok Supriyanto dan Direktur Teknik Persis, Hong Widodo. Teguran keras juga diberikan kepada panpel Borneo FC.

"Nantinya Panpel harus lebih baik lagi di laga ini. Kita ingin tim Persis dikawal secara baik dalam kedatangan dan kepulangan mereka," tutup Alfred.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya