Empat Tim Mundur, Jadwal Tak Berubah

VIVAnews - Banyaknya tim yang absen dari Copa Indonesia 2008 dipastikan akan menguntungkan beberapa peserta lainnya. Sebab, Badan Liga Indonesia (BLI) memberikan kemenangan tanpa tanding (bye) bagi tim-tim yang lawannya memilih mundur dari Copa. 

”BLI tidak akan merubah jadwal Copa meski banyak tim yang mundur. Kami tetap akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ada,” kata Joko Driyono, Direktur BLI, saat dihubungi VIVAnews, Rabu, 29 Oktober 2008.

Jelang bergulirnya Copa Indonesia 2008, 5 November mendatang, beberapa klub justru menyatakan niatnya untuk mundur. Keterbatasan dana menjadi alasan utama klub-klub itu mundur dari turnamen dengan hadiah utama Rp2 miliar itu.

Setidaknya saat ini ada empat klub yang sudah membulatkan tekad untuk mundur. Masing-masing adalah PSMS Medan, Persema Malang, Persebaya Surabaya dan Persibom Bolaang Mongondow.

Aksi ini kabarnya juga akan diikuti oleh Persikad Depok. Sedangkan Persik Kediri yang awalnya menyatakan mundur justru menarik pernyataannya dan memilih untuk tetap tampil. 

”Silahkan saja kalau ada tim yang mundur. Kami tetap tak akan merubah jadwal dan tim yang mundur pasti akan kena sanksi,” kata Joko.

Copa Indonesia awalnya akan diikuti oleh 52 tim yang berasal dari Divisi I, Divisi Utama, dan Liga Super Indonesia (LSI) 2008. Empat tim yang tahun lalu tampil sebagai semifinalis dipastikan langsung lolos ke babak perdelapanfinal. Masing-masing adalah, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persipura Jayapura dan Pelita Jaya.

Sedangkan 48 tim yang akan berlaga sejak babak pertama akan dibagi dalam empat zona. Masing-masing  zona terdiri dari 12 tim yang akan memainkan partai kandang-tandang (home-away) hingga lolos ke semifinal.

Grand final pada 26 April 2009 hanya dimainkan dalam satu kali pertandingan saja.