Piala Indonesia Satu, Persib Tampil di GBLA?

Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat.
Sumber :
  • Google Picture
VIVA.co.id
Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak
- Piala Indonesia Satu yang digagas Mahaka Sports and Entertainment kemungkinan bakal jadi turnamen sepakbola pertama yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

GBLA sempat menuai kontroversi karena dilaporkan mengalami amblas dalam struktur bangunannya, beberapa waktu lalu. Namun, stadion yang diproyeksikan jadi kandang anyar Persib Bandung itu belakangan dinyatakan aman oleh tim ahli gabungan.

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong
Rekomendasi positif dari tim ahli yang terdiri dari Puslitbang PU bidang Bangunan, Tim Arsitek, Tim Ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Parahyangan (Unpar), tak lepas dari upaya perbaikan yang dilakukan sejak stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk itu dilaporkan mengalami masalah dengan struktur fisik bangunannya akibat amblas.

"Jika Persib ingin menggunakannya, bisa kami katakan cukup aman. Ini tak lepas dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa GBLA memang benar-benar aman dan layak digunakan untuk pertandingan sepakbola yang dapat mengundang massa penonton dalam skala besar," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Ajie Giyatmiko Sugiyat.

Hal senada diungkapkan oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang sudah menyampaikan laporannya kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, terkait kesimpulan dari tim ahli yang menyatakan Stadion GBLA aman untuk digunakan menggelar pertandingan sepakbola maupun saat PON XIX/2016.

Menurut Emil, yang menjadi masalah terletak di bangunan pelataran stadion yang fondasinya berukuran dua atau tiga meteran sehingga amblas. Sedangkan bangunan utamanya sendiri memiliki fondasi 40 meter yang cukup kuat hingga puluhan tahun.

Berdasarkan laporan dari tim ahli dan peneliti, wilayah Gedebage memiliki tanah yang gembur sehingga peristiwa penurunan tanah atau amblas dinilai sudah biasa. "Jadi kesimpulannya, menurut tim ahli, GBLA bisa dipakai dengan syarat bangunan utamanya ada perbaikan seperti cat ulang dan dirapikan. Tapi, yang pelataran memang harus diperbaiki," ujarnya.

Sebelumnya, Stadion GBLA sudah diuji kelayakannya ketika Persib menjalani laga persahabatan melawan Liga Super Malaysia Selection, 2 Oktober 2014. Kala itu, puluhan ribu bobotoh antusias menyaksikan duel yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Kota Bandung ke-204 tersebut.

Piala Indonesia Satu rencananya akan mulai dilaksanakan pada 15 Agustus 2015. Kubu Maung Bandung menyatakan kesiapannya dan antusias bertarung di turnamen tersebut.

Kendati begitu, petinggi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) mengharapkan pihak penyelenggara benar-benar menjamin turnamen ini benar-benar bisa dilaksanakan karena ada kaitannya dengan proses pemanggilan kepada jajaran pelatih, ofisial dan pemain. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya