Ikat 23 Pemain, Persib Antisipasi Kondisi Force Majeure

Kompetisi di Indonesia direncanakan bergulir pada April 2016.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Persib Bandung memastikan sudah resmi mengikat 23 pemain jelang bergulirnya kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Maung Bandung merampungkan kontrak 19 pemain di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat 4 Maret 2016.

Empat pemain lainnya, yakni Alfath Alfathir, Gian Zola, Febri Hariyadi, dan Jujun Saefuloh sudah lebih dikontrak manajemen Maung Bandung. Bahkan Zola dan Febri jadi pemain yang dikontrak dengan durasi paling panjang yakni empat tahun. Sedangkan 20 pemain lainnya dikontrak selama dua tahun. Hanya Jujun yang diketahui dikontrak satu tahun.

Meski kondisi sepak bola Indonesia sekarang masih labil karena kisruh dan hubungan tidak harmonis antara Kemenpora dengan PSSI, manajemen tetap memberanikan menyodorkan kontrak rata-rata selama dua tahun.

Durasi kontrak tersebut baru berjalan jika rencana atau agenda kompetisi yang akan diikuti Persib seperti turnamen Bhayangkara Cup, dan ISC 2016 berjalan sesuai rencana.

Manajer Persib Umuh Muchtar mengatakan, belajar dari pengalaman sebelumnya ketika kompetisi harus dihentikan di tengah jalan. Dalam klausul kontrak yang disodorkan Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) disebutkan adanya poin yang garis besarnya mengatur mekanisme kontrak jika terjadi force majeure seperti saat kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 dihentikan ketika sejumlah klub baru melakoni rata-rata dua pertandingan.

"Ini kita buat untuk antisipasi saja kalau terjadi lagi force majeure (kontrak dikaji ulang). Kalau berjalan normal (ISC 2016), maka pada bulan April nanti para pemain mulai akan menerima gaji sesuai kesepakatan. Mudah-mudahan saja berjalan lancar. Kita pastinya tak mau kalau kompetisi ini terhenti lagi terhenti lagi. Kasihan lah pemain," ungkap Umuh.

Terkait nominal nilai kontrak yang diberikan, Umuh menolak membeberkannya. Namun, menurutnya nilai kontrak setiap pemain bervariasi sesuai kesepakatan atau proses negosiasi yang sebelumnya dilakukan oleh manajemen kepada masing-masing pemain.

"Nilainya bervariasi, pastinya disesuaikan dengan kapasitas masing-masing pemain. Tapi yang penting sekarang pemain sudah bisa lebih tenang. Sekarang kita berdoa mudah-mudahan sepak bola kita bisa kembali normal," ucapnya.

Daftar Pemain Persib yang Sudah Resmi Dikontrak

I Made Wirawan, Deden M Natsir, Vladimir Vujovic, Hermawan, Purwaka Yudhi, Jujun Saefuloh, Tony Sucipto, Dias Angga Putra, Jajang Sukmara, M Agung Pribadi, Hariono, Taufiq, Atep, Rahmat Hidayat, Kim Jeffrey Kurniawan, David Laly, Gian Zola, Alfath Alfathir, Febri Hariyadi, Tantan, Yandi Sofyan Munawar, Rudiyana, Samsul Arif.

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016