Kompetisi Mana yang Bakal Bergulir, ISC atau ISL?

Pemain Arema Cronus, Cristian Gonzales
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Saat ini, muncul tanda tanya jelang rencana bergulirnya kompetisi kasta tertinggi di pentas sepakbola Indonesia. Yang akan bergulir Indonesia Soccer Competition (ISC) atau Indonesia Super League (ISL)?

Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC
Sebelumnya, ISC muncul setelah terjadi tekanan dari berbagai stakeholder sepakbola Indonesia agar segera digulirkan kompetisi pasca ISL dihentikan imbas dari Surat Pembekuan PSSI oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) awal 2015 lalu.
 
Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih
Namun, setelah SK tersebut ditolak oleh Mahkamah Agung (MA), kembali muncul wacana ISL besutan PSSI bakal kembali digelar. Bahkan, tanggal kick-off yang direncanakan berdekatan yaitu di tengah April 2016 nanti.
 
Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo
Tapi, kalau melihat ke lapangan, ISC tampaknya lebih berpeluang untuk digulirkan lebih dulu ketimbang ISL. Sebab, Ketua Organizing Committee Piala Bhayangkara yang juga pejabat teras kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Pol Condro Kirono, sudah memberikan lampu hijau.
 
Dan sinyal positif itu juga yang ditangkap oleh Yeyen Tumena selaku perwakilan dari PT Gelora Trisula Semesta yang akan menjadi operator ISC. Dia mempersilakan publik menilai makna dari ungkapan Condro ketika menghadiri sesi konferensi pers lalu.
 
"Kemarin pas press conference semifinal, Pak Condro sudah announce akan ada Indonesia Soccer Championship di bulan April dan Polri siap memberikan izin. Silakan diartikan sendiri," kata Yeyen saat ditemui di ruang VVIP Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin 28 Maret 2016.
 
PT GTS juga sudah mulai menjalankan program-program pendukung sebelum ISC bergulir. Salah satunya yakni mengadakan pelatihan bagi perwakilan tim-tim ISC untuk melakukan pendaftaran pemain secara online.
 
Terkait dengan rancangan jadwal ISC yang sudah bocor ke publik, Yeyen mengatakan kemungkinan perubahan amat kecil. Dari komunikasinya dengan Direktur Utama PT GTS, Joko Driyono, pembukaan di Jayapura pada 16 April 2016 mendatang jadi pilihan utama.
 
"Kurang lebih seperti itulah, tetapi kalau menurut Pak Joko, kalau tidak ada halangan pembukaan insya Allah tanggal 16 di Papua antara Persipura melawan Sriwijaya," jelasnya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya