Awal Agustus, Wasit Asing Mulai Bertugas di Liga 1

Ilustrasi wasit di ajang Liga 1
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Penggunaan wasit asing pada kompetisi Liga 1 2017 semakin mendekati kenyataan. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), telah bertemu dan membicarakan wasit asing, Kamis 27 Juli 2017. 

Arema FC Selamat dari Degradasi, Begini Kata Widodo Cahyono Putro

PSSI berencana menggunakan wasit asing hingga kompetisi berakhir. Namun tentu saja akan ada evaluasi terhadap penggunaan wasit asing.  

"Ini merupakan program fast track untuk mengurusi masalah wasit yang perlu ditingkatkan. Harapannya bisa menjadi pembelajaran bagi wasit lokal," kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Pengalaman Langka Maman Abdurrahman Main Bareng Sang Putra di Persija Jakarta

Menurut Tisha, penggunaan wasit asing akan dimulai pada 4 Agustus mendatang atau pekan 18. Dari lima wasit asing yang diminta oleh PT LIB, PSSI hanya bisa menyediakan dua wasit tengah dan empat asisten wasit atau dua set perangkat pertandingan yang bakal memimpin. 

Namun, jumlah tersebut masih bisa bertambah di periode selanjutnya. PSSI membeberkan wasit asing akan tiba di Indonesia hanya akan memimpin di setiap dua pekan saja. 

Liga 1 Berakhir, Ini Daftar Tim yang Degradasi-Promosi dan Lolos ke Championship Series

"Iya hanya dua set perangkat pertandingan dengan status wasit FIFA. Ini masalah waktu dan hanya dapat dua, PT LIB mintanya lima tapi kami sudah berusaha," jelas Tisha. 

Untuk periode pertama dua set perangkat pertandingan akan didatangkan dari Kirgistan dan Australia.

Liga 1 akan memasuki pekan terakhir putaran pertama. Partai-partai seru pun disuguhkan sepanjang akhir pekan ini. Apa saja? Dan bagaimana prediksinya? Cek di Jelang Laga VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya