5 Gol Tercepat dalam Sejarah Premier League

Penyerang Southampton, Shane Long
Sumber :
  • irishexaminer

VIVA – Sejarah gol tercepat di Premier League baru saja diperbarui oleh striker Southampton, Shane Long. Pemain 32 tahun itu melakukannya ketika The Saints mengimbangi Watford di Vicarage Road, Selasa 23 April 2019 atau Rabu dini hari WIB.

Suara Lantang Ten Hag Agar MU Segera Akhiri Paceklik Gol dan Catatan Memalukan

Long mencetak gol ketika laga baru berjalan 7,69 detik. Gol tersebut sekaligus memecahkan rekor 19 tahun milik Ledley King. Desember 2000, King mencetak gol saat laga baru berusia 9,82 detik.

Sebagai kompetisi dengan intensitas permainan yang tinggi, gol-gol cepat memang sering terjadi di Premier League. Lantas, siapa saja yang pernah melakukan gol kilat sebelum Shane Long dan Ledley King. Inilah Lima gol tercepat dalam sejarah Premier League:

Pengakuan Ten Hag Soal Varane dan Maguire yang Kini Tukar Nasib di MU

1. Shane Long (7,69 detik vs Watford, April 2019)

Saat peluit pertandingan dibunyikan, Watford mencoba mengendalikan permainan. Lini depan Watford mengembalikan bola ke beknya, Craig Cathcart. Dengan sigap, Long melakukan tekanan dan mendekati Cathcart. Tekanan Long membuat Cathcart panik dan memutuskan melepaskan umpan lambung.

Onana Kacau, Siapa 'Ngarep' De Gea Balik ke MU?

Namun, aliran bola mampu diputus Long dan akhirnya berhadapan satu lawan satu dengan kiper Watford, Ben Foster. Dengan chip cantiknya, Long mencetak gol saat laga baru berusia 7,69 detik.

2. Ledley King (9,82 detik vs Bradford City, Desember 2000)

Sebelum rekornya dipecahkan Shane Long, Ledley King merupakan pencetak gol tercepat di Premier League. Rekor miliknya sempat bertahan selama 19 tahun. King yang saat itu memperkuat Tottenham Hotspur mencetak gol ke gawang Bradford City.

Bermula dari bola liar hasil sapuan kepala pemain Bradford City, King menerimanya dan melakukan dribel dua kali. Dari luar kotak penalti, King melakukan tendangan keras dan tidak mampu dihalau kiper Bradford.

3. Alan Shearer (10,52 detik vs Manchester City, Januari 2003)

Gol tercepat ketiga dicatatkan atas nama Aran Shearer. Legenda Newcastle United itu melakukannya ke gawang ManCity. Berawal dari pressing yang ia lakukan kepada kiper ManCity, Shearer sukses mencuri bola akibat kesalahan sang kiper. Dengan mudah Shearer menceploskan bola untuk membawa Newcastle unggul. 

4. Christian Eriksen (10,54 detik vs Manchester United, Januari 2018)

Pemain serbabisa Tottenham Hotspur itu hanya membutuhkan kurang dari 11 detik untuk mencetak gol. Memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang MU, pemain asal Denmark tersebut berhasil memperdayai David De Gea. 

Gol Eriksen ini juga sempat menjadi perdebatan lantaran sebelum kickoff, striker Spurs Harry Kane dinilai sudah menyeberang lapangan MU.

5. Mark Viduka (11,90 detik vs Charlton, Maret 2001)

Pada era 2000-an siapa yang tidak kenal dengan Mark Viduka. Penyerang asal Australia ini merupakan pemain yang menakutkan apabila berada di dalam kotak penalti ketika masih membela Leeds United, Middlesbrough, dan Newcastle United. 

Viduka masuk ke dalam buku sejarah gol tercepat Premier League kelima. Gol itu dilakukan Viduka ketika dia memperkuat Middlesbrough dan berhadapan dengan Charlton. Mantan kapten Timnas Australia pada Piala Dunia 2016 itu mencetak gol melalui tendangan keras terukur setelah menggocek sejumlah pemain Charlton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya