FOKUS: Arsenal Vs MU Panaskan Tahun Baru 2020

Para pemain Manchester United merayakan gol Mason Greenwood (tengah)
Sumber :
  • Instagram/@manchesterunited

VIVA – Di saat banyak orang merayakan Tahun Baru 2020 bersama keluarga, Premier League tetap tak mengenal libur. Justru di saat momen ini, ada big match yang sangat dinanti oleh pecinta sepakbola.

Klopp Siap Beri Bantuan untuk Arne Slot Jika Latih Liverpool

Duel panas Arsenal melawan Manchester United langsung membuka 2020. Laga ini bakal berlangsung di Emirates Stadium, Kamis dini hari WIB, 2 Januari 2020.

Laga ini memang tak lagi seperti dulu. Lazimnya, Arsenal vs MU selalu menjadi duel penentu dalam perebutan gelar juara. Dua tim ini justru tampil inkonsisten musim ini. Meskipun demikian, gengsi dalam duel ini tetaplah tinggi.

Arsenal Harus Tetap Bermimpi Rebut Juara Premier League

MU sedang terengah-engah dalam memburu posisi empat besar atau jatah terakhir Liga Champions. Setan Merah kini duduk di posisi 5 dengan 31 poin dari 20 pertandingan.

Arsenal vs Manchester United

Barcelona Belanja di Inggris, Gelandang Arsenal Masuk Daftar

Kondisi Arsenal jauh lebih parah. Tiga kali pergantian manajer, dari mulai Unai Emery, Freddy Ljungberg, dan Mikel Arteta belum memberikan dampak positif. Mereka terpuruk di peringkat 12 dengan 24 poin dari 20 pertandingan.

Arsenal juga datang dengan kondisi terluka. Laga penutup di 2019 berakhir dengan kekalahan. The Gunners takluk 1-2 dari rival sekota, Chelsea di Emirates Stadium.

Jelas, bukan modal bagus untuk melawan MU. Namun, bicara rekor pertemuan, mereka tetaplah lawan yang menyulitkan untuk Setan Merah.

Dalam pertemuan pertama musim ini, Arsenal sukses menahan imbang MU 1-1 di Old Trafford. Bahkan musim lalu, The Gunners sukses menekuk MU 2-0 di Emirates Stadium.

MU Dapat Kabar Bagus

Beruntung, kabar baik menghampiri MU jelang duel panas ini. Eric Bailly sudah kembali berlatih setelah cedera panjang.

Dilansir situs resmi MU, Bailly sudah kembali berlatih di markas latihan MU, Aon Training Complex, Senin 30 Desember 2019, pagi hari waktu setempat. Ini menjadi keuntungan untuk MU yang bakal melakoni jadwal padat di Januari 2020.

Bek Manchester United, Eric Bailly

Bailly mengalami cedera lutut saat menghadapi Tottenham Hotspur di ajang pramusim International Champions Cup di Shanghai, China, Juli 2019. Pada saat itu, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer memprediksi, Bailly setidaknya harus absen hingga Natal.

Sepanjang 2019, bek asal Pantai Gading tersebut hanya 7 kali tampil bersama MU. Kini, dia sudah pulih dan dikabarkan siap tampil melawan Arsenal.

Solskjaer juga sangat optimis menyambut duel ini. Manajer asal Norwegia ini ingin meraih hasil apik di tahun 2020, termasuk tiga poin atas Arsenal.

"Saya ingin menjadikan tahun 2020 sebagai tahun yang baik untuk diri saya. Saya rasa kami berada dalam jalur yang tepat," kata Solskjaer dilansir Soccerway.

"Kami berada dalam periode transisi. Kami melihat klub lain melakukannya dan lebih kuat setelah beberapa tahun. Kami akan lebih kuat di dekade ini. Itu bersifat alami dalam klub ini," tegasnya.

Momentum Kebangkitan Arsenal?

Duel melawan MU bisa menjadi momentum kebangkitan untuk Arsenal. Tim asal London Utara ini belum meraih kemenangan di bawah manajer anyar, Mikel Arteta.

Mikel Arteta memimpin latihan Arsenal

Arsenal bermain imbang 1-1 saat menghadapi Bournemouth. Setelah itu, The Gunners takluk 1-2 dari rival sekota, Chelsea di Emirates Stadium.

Terkait duel panas ini, legenda Timnas Inggris, Michael Owen punya prediksi tersendiri. Dia menilai Arsenal akan merebut tiga poin. Padahal, dulu Owen sempat membela MU.

"Arsenal belum pernah menang di bawah manajer baru mereka. Tapi, saya rasa itu bakal berubah saat Manchester United bertamu ke Emirates di Tahun Baru," kata Owen dilansir Metro.co.uk.

"The Gunners memimpin dalam 45 menit pertama saat melawan Chelsea. Meskipun mereka menurun di babak kedua, saya harap mereka bisa tampil lebih baik saat melawan MU yang baru saja mencatat clean sheet (melawan Burnley) hari Sabtu," lanjutnya.

Berikut duel Premier League di Tahun Baru 2020:

1 Januari 2020
19.30 WIB: Brighton & Hove Albion vs Chelsea
19.30 WIB: Burnley vs Aston Villa
22.00 WIB: Newcastle United vs Leicester City
22.00 WIB: Southampton vs Tottenham Hotspur
22.00 WIB: Watford vs Wolverhampton Wanderers

2 Januari 2020
00.30 WIB: Manchester City vs Everton
00.30 WIB: Norwich City vs Crystal Palace
00.30 WIB: West Ham United vs Bournemouth
03.00 WIB: Arsenal vs Manchester United

3 Januari 2020
03.00 WIB: Liverpool vs Sheffield United

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya