Leeds United Promosi, MU Kedatangan Rival Lawas di Premier League

Duel Leeds United vs Manchester United.
Sumber :
  • Sportsmole

VIVA – Leeds United dipastikan promosi ke Premier League musim 2020/21. The Whites menjuarai Championship dan poin mereka sudah tak bisa dikejar pesaing terdekat, West Bromwich Albion.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Promosi ke Premier League adalah penantian 16 tahun Leeds. Karena terakhir kali mereka bermain di kompetisi kasta tertinggi Inggris pada 2004.

Yang menarik, kembali Leeds bakal kembali memanaskan rivalitas di Premier League. Dilansir berbagai sumber, Leeds memiliki rivalitas panas dengan Manchester United.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Skuad Leeds United.

Pertemuan antara MU dan Leeds dijuluk Derby Roses atau Derby Pennines. Semuanya diawali dengan sejarah perang di Inggris, yakni Wars of The Roses  pada 1455-1487.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Dalam pertempuran ini, keluarga York mengibarkan simbol kebesaran mereka yakni mawar putih. Sementara keluarga Lancaster dengan simbol mawar merah. Inilah alasan perang tersebut dijuluki 'Perang Mawar'.

MU berada di wilayah Lancashire, sedangkan Leeds berada di wilayah Yorkshire. Inilah yang menjadi dasar persaingan sengit di lapangan hijau.

Meskipun Leeds sudah absen 16 tahun di Premier League, ternyata mereka sempat bertemu MU. Keduanya bertemu di Piala FA pada 2010 dan di Piala Liga pada 2011.

MU menjamu Leeds di Old Trafford di babak 3 Piala FA, 3 Januari 2010. Leeds secara mengejutkan mampu menekuk Setan Merah 1-0.

Semusim kemudian, takdir kembali mempertemukan dua tim rival ini. Kali ini di babak 3 Piala Liga di Elland Road, 20 September 2011. MU tanpa ampun mencukur Leeds 3-0.

Baca juga:
Baru Promosi, Leeds United Langsung Targetkan Lolos ke Liga Champions
Promosi ke Premier League, Leeds United Kantongi Uang Rp3,6 Triliun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya