Alasan Besar Cristiano Ronaldo Tak Pernah Diberi Ban Kapten di MU

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • instagram.com/juventus

VIVA – Sebelum namanya besar bersama Real Madrid, Cristiano Ronaldo lebih dulu merintis karier di Sporting Lisbon yang berlanjut ke Manchester United. Di klub berjuluk Setan Merah tersebut, kariernya mulai melejit.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Selama enam musim merumput di Old Trafford, Ronaldo merasakan seluruh trofi yang tersedia, termasuk Premier League dan Liga Champions.

Sebagai pemain bintang yang berpengaruh besar pada permainan tim, tentu sedikit aneh melihatnya tak pernah mengenakan ban kapten di MU. Namun, seperti itulah kenyataannya.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Namun, keputusan tersebut bukan tanpa alasan. Sir Alex Ferguson yang kala itu masih memimpin Setan Merah, memiliki latar belakang kuat untuk tidak memberikan pemain asal Portugal ban kapten.

Hal itu diungkapkan oleh mantan kapten MU, Gary Neville. Dan itu terjadi pada 2006 silam.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Kala itu, Neville merasa sudah tak banyak berkontribusi bagi tim lantaran cedera yang membekapnya. Dia pun menyarankan agar Ferguson mencari kapten baru karena merasa sudah tak layak.

Salah satu kandidatnya adalah Ronaldo. Namun, Ferguson menolak mentah-mentah ide tersebut.

"Saya mendapat cedera cukup lama setelah mengambil jabatan kapten dan situasi itu sangat sulit buatku. Dan saat itu, kami memiliki tim yang luar biasa. Ronaldo, Wayne Rooney, Carlos Tevez, Ryan Giggs, Paul Scholes, Michael Carrick, Nemanja Vidic, Patrice Evra, dan Edwin van der Sar. Ada sejumlah sosok yang luar biasa dalam skuad kami," kata pria asal Inggris dikutip Mirror.

"Saya lalu menemui Sir Alex dan mengatakan, 'saya merasa tak pantas menjabat kapten lagi. Tim ini ada di level yang tak bisa saya capai. Dia membalasnya, 'Kamu simpan ban kapten itu'. Alasannya: 'Kamu dan Giggs akan bergantian. Jika saya berikan pada Ronaldo, Rooney akan cemburu. Jika saya berikan ke Vidic, Ferdinand tak akan senang. Begitu pun sebaliknya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya