Kilah Wasit dan VAR soal Kontroversi Burnley Vs Manchester United

Bek Manchester United, Luke Shaw, dikartu kuning wasit Kevin Friend
Sumber :
  • Daily Mirror

VIVA – Wasit Kevin Friend dan Video Assistant Referee menjadi kontroversi dalam duel Burnley versus Manchester United di Turf Moor, Selasa 12 Januari 2021 atau Rabu dini hari WIB. Friend dan staf-staf di VAR, dianggap bekerja dengan buruk karena beberapa keputusan yang fatal.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Mulai dari adanya insiden tekel keras Luke Shaw ke Johann Gudmundsson, hingga insiden Robert Brady menjatuhkan Edinson Cavani. Dua insiden ini terjadi dalam waktu yang berdekatan.

Semua berawal dari Shaw yang mau merebut bola dari penguasaan Gudmundsson. Tekelnya begitu keras, dan Friend ada di depan lokasi kejadian.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Anehnya, Friend tak meniup peluit tanda terjadi pelanggaran. Beberapa pemain Burnley protes, saat permainan masih berjalan.

Serangan balik dibangun MU dan akhirnya Brady menjatuhkan Cavani. Kubu MU berpendapat seharusnya Brady dapat kartu merah karena jadi orang terakhir.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Friend sempat melayangkan kartu kuning ke Brady. Namun, dia akhirnya menuju area VAR.

Photo :
  • Daily Mirror

Insiden yang ditinjau bukan pelanggaran Brady, melainkan aksi Shaw. Akhirnya, kartu kuning Brady dibatalkan, dan Shaw yang justru mendapatkannya.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, marah dengan kinerja Friend dan VAR. Dia kesal dan menyebut keputusan itu sangat memalukan.

Asosiasi Wasit dan Perangkat Pertandingan Premier League (PGMOL) akhirnya buka suara soal insiden gila ini. Mereka membela Friend dan keputusan yang muncul sudah sesuai dengan aturan.

"Dari rekomendasi VAR, wasit Kevin Friend meninjau ulang insiden demi memeriksa kemungkinan kartu merah untuk Brady atas tindakan menghalangi kesempatan mencetak gol. Serta, adanya kemungkinan pelanggaran dari Luke Shaw dalam proses yang berkesinambungan," begitu pernyataan resmi PGMOL dilansir Daily Mirror.

Friend bersama staf di VAR, menurut PGMOL, sepakat pelanggaran yang lebih dulu terjadi adalah tekel Shaw. Maka, seharusnya, menurut Friend dan kawan-kawan, Shaw lebih layak dikartu kuning, ketimbang Brady.

"Insiden pertama yang ditinjau adalah hantaman Shaw kepada Johann Berg Gudmundsson. Dia memutuskan untuk memberikan kartu kuning kepadanya dan dampaknya adalah tekel yang dilakukan Brady. Jadi, sepakan bebas diberikan kepada Burnley, dengan kartu kuning Brady ditarik, untuk selanjutnya Shaw yang dihukum," lanjut PGMOL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya