Premier League Perketat Aturan Penangguhan Pertandingan Imbas COVID-19

Pertandingan Tottenham vs ManCity di Premier League 2021/2022.
Pertandingan Tottenham vs ManCity di Premier League 2021/2022.
Sumber :
  • Twitter/@premierleague

VIVA – Operator Premier League memperketat syarat pengajuan penangguhan pertandingan menjadi minimal ada empat kasus COVID-19 aktif di kalangan pemain sebuah tim. Ini sekaligus mengubah aturan lama yang ditetapkan sejak Desember 2021.

Secara umum, Premier League akan tetap menangguhkan laga apabila salah satu tim tidak memiliki 13 pemain lapangan dan satu kiper dari skuadnya, maupun pemain-pemain level kelompok usia di bawah 21 tahun (U-21) yang dinilai pernah berpengalaman tampil untuk tim senior.

Bedanya, dalam aturan lama yang diterapkan sejak pertengahan Desember 2021 lalu merespon penyebaran varian Omicron adalah sebuah tim boleh mengajukan penangguhan pertandingan tersebut apabila mereka memiliki sekurang-kurangnya satu kasus COVID-19 aktif di kalangan pemain.

Dilansir laman resmi liga, perubahan aturan ini disepakati seluruh klub peserta Premier League dan akan berlaku mulai 5 Februari 2022 nanti ketika dijadwalkan berlangsung laga tunda pekan ke-17 antara Burnley versus Watford.

Pertandingan Watford vs Manchester United.

Pertandingan Watford vs Manchester United.

Photo :
  • Twitter/@premierleague

Sebelumnya, aturan lama telah diberlakukan untuk menangguhkan sedikitnya 22 laga ditangguhkan pada Desember 2021 dan Januari 2022, termasuk di antaranya laga Burnley vs Watford yang akan digelar awal Februari 2022 nanti.

Pertandingan itu sedianya dilangsungkan dalam akhir pekan 18-19 Desember 2021 dan sempat ditangguhkan karena skuad Watford mengalami lonjakan kasus COVID-19.