Van Persie Kunci Arsenal Hadapi ManUtd

Robin van Persie di pertandingan melawan Bolton Wanderers
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVAbola - Laga prestisius yang mempertemukan Arsenal dan Manchester United turut memancing reaksi mantan pelatih The Gunners di era 1980-an, Don Howe. Pria 76 tahun itu menilai, skipper Robin Van Persie memegang peranan penting dalam laga, Minggu, 22 Januari 2012 malam nanti.

Naluri kepelatihannya mengatakan, Arsenal harus tampil menyerang di sepanjang pertandingan untuk meraih hasil optimal. Dan kuncinya, ada pada diri Van Persie.

Don Howe mengaku sulit menebak strategi apa yang akan dimainkan kedua pelatih. Tapi terus tampil terbuka dan menyerang menjadi langkah jitu Arsenal saat menghadapi ManUtd malam nanti.

"Jika Anda membutuhkan strategi, maka saya pikir Arsenal perlu tampil menekan di seluruh lini lapangan dan Van Persie harus bisa memimpin," kata Howe dikutip Goal.

Don Howe juga yakin pemain timnas Belanda itu memegang kendali permainan saat timnya turun bertahan. Terlebih, saat palang pintu The Red Devils keluar membangun serangan.

"Peranannya saat bertahan tidak kalah penting. Semua bergantung kepadanya untuk menghentikan pemain seperti Rio Ferdinand saat bermain keluar dari pertahanan," Howe menganalisa.

Masih menurutnya, Van Persie harus bisa mengatur ritme pertandingan dan menginstruksikan defender Arsenal untuk mencegah dan tidak memberikan ruang dan waktu kepada pilar ManUtd bergerak bebas di jantung pertahanan Arsenal.

"Ia perlu meredam dan menutup pergerakan ManUtd dan membuat mereka (ManUtd) tergesa-gesa. Ini memang tidak bagus, tapi sangat efektif," kata Howe. (umi)

Moyes Sukses Ajak 2 Bek MU Merapat ke Sunderland
Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Klopp menginginkan posisi itu untuk mengurangi beban kerjanya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016