Utak-atik Van Gaal Tentukan Formasi Paten MU

Pelatih Manchester United, Louis Van Gaal
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates

VIVAbola – Manajer Manchester United, Louis van Gaal, kerap menerapkan formasi 3-5-2 sejak tiba di Old Trafford. Namun, beberapa kali pelatih asal Belanda ini juga memakai formasi dengan menggunakan 4 bek dalam sistem permainannya.

Dalam formasi 3-5-2 dan turunannya seperti 3-1-4-2 atau 3-4-1-2, terkadang Wayne Rooney dan kawan-kawan bisa tampil menggila. Akan tetapi, tak jarang United malah menunjukkan performa buruk dengan formasi yang sama.

Terakhir, United takluk 0-1 dari Southampton dalam laga lanjutan Premier League di Old Trafford dengan menggunakan formasi 3-5-2. Tak sedikit yang mempertanyakan kebijakan Van Gaal yang terus bergonta-ganti formasi.

Seperti dilansir Caught Offside, sejauh ini, mantan pelatih Barcelona itu berusaha menunjukkan bahwa dia fleksibel dalam menerapkan sistem permainan di lapangan. Sayangnya, Van Gaal tampaknya belum menemukan keseimbangan dalam formasi 3 bek yang dia terapkan bersama United.

Memainkan 4 pemain belakang dengan varian formasi 4-3-3, 4-1-4-1, dan 4-1-2-1-2 malah lebih efektif. Itu terbukti dengan jumlah kemenangan yang didapat United ketika menerapkan formasi 4 pemain belakang.

Berdasarkan statistik, MU menang 4 kali dari 5 pertandingan dengan menggunakan formasi 4-1-2-1-2. Sementara itu, dengan pola  4-1-4-1, Setan Merah menang sekali, imbang dua kali, dan sekali kalah. Kemudian, ketika Van Gaal sekali mencoba formasi 4-3-3, hasilnya juga 3 poin alias kemenangan.

Lain halnya ketika LVG menerapkan 3 pemain belakang yakni dengan formasi 3-1-4-2 di mana United menang dua kali, dua kali imbang, dan sekali kalah. Lalu, bermain enam kali dengan formasi 3-4-1-2, United hanya menang dua kali, tiga kali imbang, dan sekali kalah.

Dalam tiga pertandingan terakhir di Premier League dengan formasi tiga pemain belakang, United juga tak pernah menang. United imbang 0-0 dengan tuan rumah Tottenham Hotspur, lalu kembali bermain imbang 1-1 melawan Stoke City, sebelum dikalahkan 0-1 oleh Southampton, akhir pekan lalu. (one)

Rekor Buruk Mourinho di MU

Baca juga:

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Ronaldo Berharap Bisa Main Bareng Messi dan Neuer

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
Inilah Daftar Pemenang Penghargaan FIFA 2014
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya