Latih Chelsea, Hiddink Dihantui Kegagalan di Timnas Belanda?

Pelatih Belanda Guus Hiddink
Sumber :
  • REUTERS/David W Cerny
VIVA.co.id
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Mantan pemain timnas Belanda, Boudewijn Zenden menilai ada beban sejarah yang harus disandang manajer Chelsea, Guus Hiddink. Sebab, sebelum melatih Chelsea, dia gagal mengangkat performa timnas Belanda.

Ini Lawan Chelsea dan Liverpool di Babak 2 Piala Liga

Sabtu lalu, Hiddink ditunjuk sebagai pelatih sementara The Blues menggantikan Jose Mourinho yang dipecat. Hiddink mendapat tugas mengangkat performa buruk Chelsea yang saat ini berada di posisi 15 klasemen sementara Premier League.
Kante Ternyata Punya Perasaan Khusus pada Hazard


Di saat bersamaan, Hiddink juga punya catatan kelam di karier kepelatihannya. Pelatih yang kini berusia 69 tahun itu membawa timnas Belanda meraih start buruk yang berujung kegagalan lolos kualifikasi Piala Eropa 2016


"Hiddink telah membuktikan kapasitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Tapi tentu saja ada catatan bahwa dia meninggalkan timnas Belanda yang tampil di bawah performa terbaiknya," kata Zenden dilansir Soccerway.


Meski demikian, Zenden percaya Hiddink bisa mengangkat performa terbaik Chelsea. Apalagi, Hiddink pernah sukses kala menjadi pelatih sementara Chelsea di tahun 2009 dengan menjuarai Piala FA.


"Dia (Hiddink) pelatih yang berpengalaman. Dan yang terpenting adalah bagaimana membangun kembali pola pikir para pemain seperti kala mereka meraih sukses musim lalu," jelas Zenden.


"Masalah utama Belanda adalah kualitas tim. Sesuatu yang tidak akan dia temukan di Chelsea, karena skuad Chelsea saat ini dihuni pemain yang sama kala mereka juara Premier League musim lalu," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya