Sepakbola Inggris Mulai Terapkan Teknologi Video Musim Depan

Alexis Sanchez menjebol gawang Hull City dengan tangannya
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Tuntutan terus meningkat untuk digunakannya rekaman video, dalam membantu wasit membuat keputusan. Beberapa insiden keputusan buruk wasit musim ini, telah membuat perdebatan semakin panas.

Komisi X DPR Ikut-ikutan Soroti Kinerja Wasit Liga 1

Dianulirnya gol Manolo Gabbiadini dalam final Piala Liga, menjadi insiden terbaru yang memicu keraguan pada kualitas ofisial. Insiden tak kalah kontroversial, adalah gol Alexis Sanchez menggunakan tangannya.

Dilansir dari Mirror, Jumat 3 Maret 2017, teknologi video bisa diterapkan lebih cepat dalam sepakbola Inggris, untuk pertandingan Charity Shield musim depan. Suksesnya penerapan teknologi garis gawang turut jadi pertimbangan.

Kegagalan Griezmann Tandai Kesuksesan Uji Teknologi Video

Kini, asisten wasit untuk video (VAR), sedang dipikirkan untuk menghindari keputusan kontroversial. Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) juga telah siap, untuk menggunakan VAR pada Piala Dunia 2018.

Asosiasi Sepakbola Inggris, berminat untuk melakukan uji coba sebelum dilakukan pada Piala Dunia. Penggunaan teknologi video sudah mulai dilakukan, pada semifinal Piala Dunia Klub Desember 2016.

8 Keputusan Wasit yang Menguntungkan MU

Sukses dicapai dalam pertandingan antara Kashima Antlers dan Atletico Nacional. Wasit Viktor Kassai memberikan penalti pada kubu Jepang, setelah berkonsultasi dengan asistennya yang menggunakan teknologi video.

Hari berikutnya, wasit juga memanfaatkan VAR untuk menentukan gol Cristiano Ronaldo, yang terlihat offside. Sebenarnya uji coba secara rahasia, sudah mulai dilakukan di Premier League akhir musim lalu.

Namun, banyak klub yang mendorong agar dibatalkan. Mereka memaksa agar uji coba dilakukan di negara lain lebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya