Evolusi MU Jadi Klub Para 'Raksasa' di Premier League

Gelandang MU, Nemanja Matic.
Sumber :
  • Twitter/@AlexShawESPN

VIVA.co.id – Sejak ditinggal Sir Alex Ferguson, prestasi Manchester United memang sempat naik turun. Situasi paling buruk terjadi, kala Setan Merah ditukangi David Moyes.

Daftar Juara di 4 Liga Top Eropa Musim Ini, Tinggal Tunggu Premier League

DIgadang-gadang akan meneruskan prestasi Fergie (sapaan Ferguson), nyatanya Moyes justru merusak reputasi MU. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu hanya mampu finis di peringkat tujuh di musim perdananya.

Tetapi, terlepas dari naik turunnya prestasi MU, ada sebuah revolusi yang terjadi di skuat MU. Perubahan signikfikan terjadi di lini tengah.

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

Faktanya, sejak Fergie pensiun, MU mendatangkan pemain-pemain dengan postur hampir dua meter. Sudah ada enam nama pemain MU yang tercatat sebagai pemain dengan tinggi di atas rata-rata, seperti dikutip The Sun.

Bila diurutkan dari postur pemain yang didatangkan MU selepas Ferguson pensiun, maka nama pertama yang masuk adalah Juan Mata. Pemain asal Spanyol ini memiliki postur normal, lima kaki tujuh inci, atau 170 sentimeter.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

Semakin tinggi, ada nama winger hasil didikan akademi MU yang masuk skuat utama sejak MU dibesut Louis van Gaal, Jesse Lingard. Dia berpostur lima kaki sembilan inci (175 cm).

"MU memiliki defisit tinggi pemain yang cukup jauh. Bila Anda berbicara dengan pelatih basker, satu atau dua cm perbedaan tinggi pemain sangat penting. Dan, dalam sepakbola, itu sama," kata Van Gaal.

Pada 2015, The Red Devils mendatangkan pemain yang membawa Jerman meraih juara dunia 2014, Bastian Schweinsteiger. Postur Basti (Sapaan Bastian) adalah enam kaki, atau 183 cm.

Evolusi berlanjut. Paul Pogba, yang memiliki postur enam kaki tiga inci atau 191 cm, dia datang bersama Zlatan Ibrahimovic yang lebih tinggi satu sentimeter dari Pogboom (julukan Pogba).

"Menara" terakhir yang didatangkan MU adalah Nemanja Matic. Dia direkrut pada penghujung Juli lalu. Matic memiliki postur 194 cm.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya