Juventus Datangkan Ronaldo, Kontras Industri Sepakbola Italia

Cristiano Ronaldo Tiba di Turin
Sumber :
  • REUTERS/Massimo Pinca

VIVA – Juventus mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid! Begitu judul utama media massa di seluruh dunia. Sebuah kabar yang mengejutkan publik, karena sang pemain merupakan bintang dalam beberapa tahun terakhir.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Harga fantastis disodorkan oleh Juventus kepada Madrid. Dikutip dari Marca, pemain berjuluk CR7 tersebut dibanderol dengan harga 112 juta euro atau setara dengan Rp1,88 triliun.

Tidak cuma itu, manajemen Juventus juga sepakat untuk membayar gaji Ronaldo dengan jumlah besar. Per musimnya dia akan dibayar sebesar 30 juta euro (Rp505 miliar).

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Mengutip Football Italia, apa yang dilakukan Juventus ini sangat kontras dengan kondisi industri sepakbola Negeri Pizza saat ini. Sejak 2002, kebangkrutan klub seolah menjadi penyakit menular.

Fiorentina menjadi tim pertama yang mengalami kebangkrutan. Lalu, secara bergilir setidaknya ada 153 klub yang menghadapi masalah serupa.

Prediksi Semifinal Coppa Italia: Lazio vs Juventus

Pada pekan ini saja, ada dua klub yang terpaksa dicoret dari daftar peserta Serie B, yakni Bari dan Cesena. Keduanya dinyatakan bangkrut dan harus turun kasta ke Serie D.

Saat ini sepakbola Italia menjadi sorotan publik dalam negeri. Karena banyak klub yang diketahui mengalami masalah keuangan, salah satunya adalah AC Milan.

Musim lalu mereka kedatangan pengusaha asal China. Namun, baru setahun berjalan upaya yang dilakukan tak menemui hasil positif. Alhasil, UEFA mencoret mereka dari keikutsertaan di Liga Europa. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya