Francesco Toldo, Kiper Legendaris Inter yang Mampu Jebol Gawang Buffon

Francesco Toldo.
Sumber :
  • www.instagram.com/francescotoldo

VIVA –  Inter Milan tak pernah kehabisan kiper-kiper hebat. Sebelum era Samir Handanovic dan Julio Cesar, La Beneamata memiliki kiper andal, Francesco Toldo.

Dapat Kuota Tambahan, Serie A dan Bundesliga Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Toldo membela Inter selama 9 musim pada 2001 hingga 2010. Total, dia tampil dalam 232 pertandingan di semua kompetisi.

Di Timnas Italia, Toldo selalu menjadi pelapis Gianluigi Buffon. Namun, ada satu hal yang membuat Toldo mengungguli Buffon, yakni jumlah gol.

Maarten Paes Gagalkan Penalti Eks Juventus, FC Dallas Tetap Kalah

Sepanjang kariernya, Toldo pernah mencetak satu gol. Dan menariknya, gol tersebut terjadi ke gawang Juventus yang dikawal Gianluigi Buffon.

Itu terjadi dalam duel Derby d'Italia kontra Juve di Giuseppe Meazza, yang berlangsung di Serie A musim 2002/03, tepatnya pada 19 Oktober 2002. Inter dalam keadaan tertinggal 0-1 hingga masa injury time.

16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Di saat itulah, Toldo nekat maju membantu Inter yang mendapatkan sepak pojok. Berawal dari kemelut di depan gawang, dan gol! Inter menyamakan kedudukan 1-1.

Sempat menjadi perdebatan, siapa yang mencetak gol tersebut. Meski ofisial pertandingan mencatatnya sebagai gol Christian Vieri, fans Inter tetap menganggap itu sebagai gol Toldo. Bahkan, Twitter resmi Inter pun berpendapat demikian.

"Sembilan musim. penuh kesuksesan, banyak penyelamatan dan satu gol! Tuliskan kenangan Anda mengenai @ToldoFrancesco," tulis Inter, sambil mengunggah video penyelamatan terbaik Toldo.

Baca juga:

Skandal Seks dengan Dokter Cantik Hancurkan Karier Samir Nasri

Antonio Conte Belum Aman dari Virus Corona

Jose Mourinho dan Mulut Pedasnya soal Puasa Ramadhan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya