'Saya Harap Capello Latih Inter Milan'

Fabio Capello mengenakan bunga Poppies
Sumber :
  • REUTERS/Suzanne Plunkett

VIVAbola - Berbagai reaksi mengiringi pengunduran diri Fabio Capello dari jabatan manajer tim nasional Inggris. Tak terkecuali dari legenda hidup sepakbola Italia, Gianluca Vialli.

Seperti diketahui, Capello memutuskan mundur lantaran merasa otoritasnya sebagai pelatih telah dilangkahi Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris. Tanpa melibatkan Don Fabio, FA secara sepihak mencopot ban kapten timnas dari tangan John Terry, yang sedang terlibat kasus rasisme.

Vialli menilai langkah yang diambil Capello sudah tepat. Pasalnya, ia juga sempat mengemban jabatan pelatih di Chelsea dan Watford. Pria 47 tahun itu begitu memahami situasi yang tengah dihadapi Capello.

“Saya rasa, reaksi Capello bisa dimengerti. FA harusnya mengatakan keputusan mereka kepada Capello lebih dulu, ketimbang merilisnya ke media massa,” ujar Vialli seperti dikutip dari Football Italia, Jumat 10 Februari 2012.

“Wajar saja kalau Capello marah. Dan sah juga kalau FA menerima pengunduran diri dia. Menurut saya, manajer baru timnas Inggris sudah ditunjuk. Stuart Pearce akan menjabat sampai akhir Euro 2012, kemudian diganti Harry Redknapp,” paparnya.

Vialli seakan mengamini rumor yang berkembang, yang mencuatkan nama Redknapp sebagai suksesor favorit. Namun, mantan pemain Chelsea dan Juventus itu meragukan kemampuan Redknapp merangkap jabatan sebagai pelatih Tottenham Hotspur sekaligus timnas Inggris.

“Redknapp memang mewakili gaya sepakbola Inggris. Tapi, saya ragu FA bisa puas jika Redknapp hanya paruh waktu, mengingat kewajibannya bersama Tottenham,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Vialli memprediksi kelanjutan kiprah Capello. Ia begitu yakin bahwa pelatih kawakan Italia itu akan kembali menangani klub Serie A. Menurutnya, Capello tidak akan keberatan jika diminta kembali ke Juventus, atau justru berlabuh di Inter Milan.

“Saya tidak akan terkejut jika Juventus menawarkan Capello peran sebagai direktur. Saya juga berharap (Presiden Inter) Massimo Moratti memanggilnya untuk menggantikan Claudio Ranieri. Tapi tentunya, dia akan punya banyak pilihan,” kata Vialli.

Sebelumnya, Moratti dengan tegas menampik spekulasi pergantian pelatih di tubuh Inter, baik dalam waktu dekat maupun pada akhir musim nanti.

Spurs Bantai Inter Milan di Norwegia
Frank De Boer, pelatih anyar Inter Milan.

Janji Pelatih Anyar Inter Milan

De Boer akan menggantikan posisi Roberto Mancini yang dipecat.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016