Ternyata, Barcelona Hampir Gagal Daratkan De Jong

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong.
Sumber :
  • https://twitter.com/FCBarcelona

VIVA – Sebuah fakta terkuak dalam sesi perkenalan gelandang Barcelona, Frenkie De Jong. Diakui olehnya, gabung ke Barca menjadi sebuah kejutan karena sebelumnya ingin mampir dulu ke klub Premier League, demi menimba pengalaman.

Mantan Kiper Arsenal Kritik Saka yang Sering Akting Kesakitan

Apa yang dilakukan Marc Overmars, legenda Timnas Belanda, menginspirasi De Jong. Dia ingin mengikuti jejak Overmars yang pindah ke Arsenal dari Ajax Amsterdam, baru ke Barcelona.

Kebetulan, Arsenal sempat berminat mendatangkan De Jong. Hanya saja, mereka tarik ulur dalam proses transfer De Jong. Hingga akhirnya, Barca memberikan penawaran tegas yang diterima De Jong.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

"Di pikiran saya, rute karier adalah Ajax, lalu Arsenal, kemudian Barcelona. Saya memanggilnya dengan rute Marc Overmars," kata De Jong dilansir Daily Mirror.

Maka dari itu, De Jong kaget ketika melewati satu klub dan langsung main di Barca. "Bisa lebih cepat, ke tempat tujuan, membuat impianmu terwujud sedini mungkin," ujar De Jong.

Terpopuler: Hoax soal Guinea dan Doping Uzbekistan

Pemuda 22 tahun tersebut memilih Barca, ketimbang Manchester City dan Paris Saint-Germain, karena gaya mainnya yang sudah mengakar. Sebenarnya, De Jong juga sempat kepincut permainan taktis Arsenal di masa Arsene Wenger.

Namun, identitas itu memudar seiring dengan kepergian Wenger. Pun, De Jong ingin mengikuti jejak dua gelandang idolanya, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

"Banyak dari pemain muda yang mengidolakan Barca dan Real Madrid. Begitu pula dengan saya. Main di klub yang pernah melahirkan Xavi dan Iniesta, ditambah ada Lionel Messi, satu dari sekian pemain terbaik dunia, rasanya luar biasa," terang De Jong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya