Arti Julukan Bintang dan Eks Pemain LaLiga

Kapten Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • twitter.com/FCBarcelona

VIVA – Dalam dunia sepakbola, pemain adalah seorang aktor di lapangan. Mereka tidak hanya ingin membawa timnya meraih kemenangan, namun juga menghibur penonton. 

Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

Tak jarang aksi mereka di lapangan hijau membuat penonton berdecak kagum. Bahkan tidak jarang pula pemain mendapatkan julukan dari aksi mereka di lapangan. 

Hal ini juga terjadi di kompetisi LaLiga. Sebagai salah satu kompetisi terbaik di dunia, LaLiga menelurkan banyak pemain bintang. 

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Berikut ini nama pemain LaLiga dan julukannya dalam rilis yang diterima Viva:

1. Lionel Messi – “La Pulga”: Banyak yang mengetahui masalah pertumbuhan Lionel Messi ketika ia masih kecil; Barcelona lalu menyediakan pengobatan baginya ketika ia pindah dari Argentina untuk bergabung dengan Barça di usia 13 tahun. 

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Masalah pertumbuhan tersebut membuatnya dijuluki La Pulga (Si Kutu) sejak kecil, tetapi hal itu tak membuat kapten blaugrana ini gentar untuk mencetak 438 gol di LaLiga, dan angka tersebut masih akan bertambah.

Lionel Messi

2. Cristiano Ronaldo – “El Bicho”: Mantan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dijuluki El Bicho sejak jurnalis asal Spanyol, Manolo Lama, menggunakan julukan tersebut diawal karir Ronaldo di LaLiga. 

Lama menjelaskan bahwa Ronaldo “membuat gentar dan menghancurkan” lini pertahanan lawan untuk mencetak 311 gol selama sembilan musim membela Real Madrid.

3. Alfredo Di Stéfano – “La Saeta Rubia”: Legenda Real Madrid, Alfredo di Stéfano dikenal sebagai Saeta Rubia, atau “Panah Pirang” sejak ia bermain di klub Argentina, River Plate. Wartawan asal Buenos Aires, Roberto Neuberger menciptakan julukan ini ketika ia terkesima dengan kecepatan Di Stéfano dan rambut pirangnya.

4. Ronaldo Nazário – “El Fenómeno”: “Mari kita lihat apakah Ronaldo benar-benar seorang ‘fenómeno’,” kata Paolo Maldini kepada Fabio Cannavaro sebelum Itali berhadapan dengan Brasil dalam ajang Le Tournoi tahun 1997. Ronaldo, yang saat itu bermain untuk Barcelona, baru saja memenangkan penghargaan top score LaLiga di usia 20 tahun, membuktikan julukan dirinya sebagai ‘fenomena’ dengan gol solo dalam pertandingan imbang 3-3 tersebut. Ronaldo lalu memenangkan penghargaan top skorer lainnya bersama Real Madrid, dan sekarang ia menjabat sebagai presiden dan pemegang saham klub Real Valladolid.

Ronaldo Luiz saat menjuarai Piala Dunia bersama Brasil

5. Carles Puyol – “El Tiburón”: Mantan bek Barcelona, Carles Puyol, dijuluki sebagai El Tiburón – Sang Hiu – oleh komentator terkenal asal Spanyol, Andrés Montes. Tidak ada yang aman ketika Puyol bermain untuk Barça atau timnas Spanyol, dimana pemain bergaya rambut shaggy ini berhasil memenangkan enam gelar LaLiga, Euro 2008, dan juga Piala Dunia 2010.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya