Dihajar 4 Gol Bilbao, Ambisi Barca Raih Sextuple Terancam

Selebrasi pemain Athletic Bilbao
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id -
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
Barcelona benar-benar tak berdaya kala menghadapi Athletic Bilbao di leg pertama Piala Super Spanyol, Sabtu 15 Agustus 2015 dini hari WIB. Bilbao sukses mempermalukan Barca dengan skor 4-0.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Dalam pertandingan yang berlangsung di San Mames, Bilbao berhasil mencetak gol lebih dulu pada menit 13. Gol tersebut dicetak oleh San Jose yang melepaskan tembakan dari hampir separuh lapangan.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


Bola berhasil sampai di pojok kanan atas gawang Barca, dan tak mampu dihalau oleh kiper Marc Ter Stegen. Skor kini 1-0 untuk tim tuan rumah dan membuat Barca mulai cemas, Lionel Messi dan Luis Suarez masih gagal mengonversi peluang yang mereka dapat.


Bilbao nyaris menggandakan kedudukan lewat tendangan bebas Benat Extebarria di menit 43, bola mampu dihalau bek Barca. Skor 1-0 untuk keunggulan Bilbao, akhirnya bertahan hingga turun minum.


Memasuki babak kedua,Pedro nyaris membuat Barcelona menyamakan kedudukan andai sepakan kerasnya tak mengenai tiang gawang. Sementara itu, pelatih Luis Enrique memasukkan Andres Iniesta yang menggantikan Rafinha.


Alih-alih menyamakan kedudukan, Barca malah harus tertinggal 0-2 dari Bilbao. Gol kedua dari tuan rumah ini dicetak oleh Aritz Aduriz Zubeldia pada menit 53.


Gol yang memanfaatkan umpan dari Sabin Merino itu, dicetak oleh Aduriz lewat sundulannya usai memenangi duel bola atas dengan Javier Mascherano. Para pemain Barca, seperti masih kelelahan usai memenangi Piala Super Eropa pada 12 Agustus lalu.


Hasil mereka malah kembali kegolan ole Aduriz Zubeldia di menit 62, dan membuat skor kian menjauh dengan 3-0. Kesengsaraan Barca kembali trjadi di menit 66.


Wasit memberikan hadiah penalti untuk Bilbao usai Dani Alves melanggar Aymeric Laporte di kotak terlarang. Aduriz yang maju sebagai eksekutor, menyelesaikan tugasnya dengan baik.


Dia pun berhasil mencetak hattrick di laga ini, sekaligus membuat skor menjadi 4-0 untuk Bilbao. Malang bagi Barca, tak bisa mencetak gol sama sekali dan harus menerima kekalahan ini.


Kemenangan ini menjadi modal baik bagi Bilbao di leg kedua yang berlangsung di Camp Nou pada 18 Agustus nanti. Sedangkan bagi Barca, ini menjadi ancaman mereka meraih sextuple atau enam trofi dalam setahun.


Barca sejauh ini sudah meraih empat trofi di 2015, terbaru adalah Piala Super Eropa. Dan mereka memiliki peluang menambah dua trofi lagi di ajang Piala Super Spanyol dan Piala Dunia Antarklub.


Susunan Pemain

Athletic Bilbao: Gorka Iraizoz, Mikel San Jose, Mikel Balenziaga, Xabier Etxeita, Aymeric Laporte, Markel Susaeta (Boveda '85), Benat Extebarria, Oscar De Marcos, Javier Eraso (Carlos Gurpegui 77), Aritz Aduriz, Sabin Merino (Lekue 66)


Barcelona: Marc Ter Stegen, Thomas Vermaelen, Dani Alves, Adriano Correia, Marc Bartra, Javier Mascherano, Sergio Roberto (Ivan Raktic), Rafinha (Andrés Iniesta '52), Lionel Messi, Luis Suarez, Pedro Rodriguez (Sandro Ramirez '71)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya