Satu Lagi Bintang Barcelona Dituding Gelapkan Pajak

Dua pemain Barcelona, Lionel Messi dan Javier Mascherano.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Bek Barcelona, Javier Mascherano sedang dalam pemeriksaan terkait upaya menghindari pajak sebesar 1,5 juta Euro. Hal ini diumumkan oleh otoritas hukum Catalan.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi
Pemain Argentina itu dituding telah memalsukan besaran pendapatannya, ketika memberikan laporan wajib pajak pada 2011 dan 2012, dengan menggunakan pihak ketiga yang berada di negara bebas pajak.

4 Skema Barcelona Juara LaLiga
Menurut kantor berita EFE, Mascherano akhirnya membayar 1,5 juta Euro tersebut, plus bunga sebesar 200 ribu Euro pada awal September kemarin, setelah investigasi ini mulai bocor ke suratkabar.

Tindakan itu bisa membantu Mascherano dapat hukuman lebih kecil, kalau dia sampai dinyatakan bersalah terhadap tudingan yang menimpanya.

"Dengan tujuan menghindari wajib pajak, sang pemain gagal menjelaskan pendapatan dari Nike yang dibayar via perusahaan di Amerika Serikat dan satu lagi di Portugal, tepatnya pulau Madeira," tulis pernyataan Kantor Jaksa Penuntut Umum Kejahatan Ekonomi Catalan, seperti yang dilansir dari Inside Spanish Football.

"Kebebasan pajak di area tersebut, menjadi faktor penting dari usaha ini," tambahnya, sambil menjelaskan kalau Mascherano menghindari pajak pendapatan sebesar 587,822 Euro pada 2011 lalu, 968,907 Euro satu tahun kemudian.

Sampai saat ini, Mascherano maupun Barcelona belum membuat penyataan apa pun. Sebelumnya, beberapa pemain Barcelona lain juga sempat mengalami masalah pajak, yaitu dua bintang mereka di lini depan, Neymar dan Lionel Messi. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya