Singkirkan Polandia Lewat Adu Penalti, Portugal ke Semifinal

Timnas Portugal
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Portugal sukses mengalahkan Polandia pada babak perempatfinal Piala Eropa 2016 di Stade Velodrome, Jumat 1 Juli 2016 dini hari WIB. Portugal berhasil memenangi laga lewat drama adu penalti.

Lengkap! Daftar 24 Tim Peserta dan Hasil Drawing EURO 2024

Polandia langsung tampil menekan sejak menit awal pertandingan, membuat barisan belakang Portugal jatuh bangun. Hasilnya, Robert Lewandowski berhasil membobol gawang Portugal kala laga baru berjalan 2 menit.

Gol tersebut tercipta berkat umpan manis dari Kamil Grosicki, Lewandowski yang berada di mulut gawang Portugal tak kesulitan menceploskan bola ke gawang Rui Patricio. Skor sementara 1-0 untuk Polandia.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Menit ke-33, Portugal akhirnya berhasil membuat skor menjadi imbang 1-1 melalui gol Renato Sanches. Sepakan kerasnya hasil umpan dari Luis Nani, tak mampu digapai oleh kiper Polandia.

Jual beli serangan kian tersaji di atas lapangan, saat memasuki menit-menit akhir babak pertama. Namun, tak ada gol kembali yang tercipta dan memaksa laga berakhir imbang 1-1 di 45 menit pertama ini.

Perebutkan 3 Tiket Sisa, Berikut Hasil Drawing Playoff EURO 2024

Sundulan dari Jose Fonte di menit 79, masih bisa diamankan dengan baik Lukasz Fabianski. Cristiano Ronaldo mendapat peluang emas usai di menit 85, tapi gagal menggapai bola umpan dari Joao Moutinho kala sudah berhadapan satu lawan satu dengan Fabianski.

Kedua tim gagal mencetak gol kembali di babak kedua, hingga berakhir pertandingan di waktu normal. Alhasil, laga pun dipaksa berlanjut ke babak pertambahan waktu guna mencari pemenang.

Babak Pertambahan Waktu
Kedua tim silih berganti mencetak peluang di menit awal babak pertambahan waktu ini, namun gagal menjadi gol. Menit 99, sundulan dari Luis Nani masih menyimpang ke sisi kiri gawang Polandia.

Sepakan keras Arkadiusz Milik dari luar kotak penalti Portugal di menit 100, masih belum menemui sasaran. Bola hasil sepakan Nani di menit 103, mengarah ke pelukan Lukasz Fabianski, dan skor tetap 1-1 di 15 menit pertama pertambahan waktu.

Laga sempat terhenti di menit 110 karena adanya suporter yang memasuki lapangan. Kembali tidak ada gol yang tercipta di hingga berakhirnya babak pertambahan waktu ini, pertandingan pun harus diselesaikan dengan adu penalti.

Babak Adu Penalti
Portugal
1. Cristiano Ronaldo (gol)
2. Renato Sanches (gol)
3. Joao Moutinho (gol)
4. Luis Nani (gol)
5. Ricardo Quaresma (gol)

Polandia
1. Robert Lewandowski (gol)
2. Arkadiusz Milik (gol)
3. Kamil Glik (gol)
4. Jaukb Blaszczykowski (ditepis)

Portugal berhasil memenangkan duel adu penalti dengan skor 5-3 pada babak perempatfinal ini. Dengan kemenangan ini, tim asuhan Fernando Santos pun melaju ke babak semifinal.

Susunan Pemain
Polandia: Lukasz Fabianski, Artur Jedzejczyk, Michal Pazdan, Lukasz Piszczek, Kamil Glik, Jaukb Blaszczykowski, Krzysztof Maczyriski (Tomasz Jodlowiec '98), Grzegorz Krychowiak, Kamil Grosicki (Bartosz Kapustka '82), Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik

Portugal: Rui Patricio, Pepe, Jose Fonte, Eliseu Dos Santos, Cedric Soares, Luis Nani, Adrien Silva (Joao Moutinho '73), William Carvalho (Danilo Pereira '95), Joao Mario (Ricardo Quaresma '80), Renato Sanches, Cristiano Ronaldo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya