Kisah Lewandowski Batal ke Premier League Gara-gara Gunung Meletus

Penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski
Sumber :
  • Instagram/@_rl9

VIVA – Striker tenar Polandia dan Bayern Munich, Robert Lewandowski, ternyata punya kisah pahit dan unik dalam kariernya. Lewy batal menjejakkan kaki di lapangan empuk Premier League hanya karena gunung meletus.

Tak perlu diragukan lagi kualitas seorang Lewandowski. Nama striker internasional Polandia ini mulai tersohor sejak bergabung dengan Borussia Dortmund, awal musim 2010/2011, hingga saat ini bersama Bayern.

Pekan Terakhir Bundesliga: Bayer Leverkusen Tak Terkalahkan, Bayern Munich Tumbang

Di balik sinar terangnya di Bundesliga, tak banyak orang tahu bahwa sebenarnya Lewandowski sempat hampir berkarier di Inggris. Menurut laporan Daily Mail, pada 2010 lalu Lewandowski sebenarnya sudah sepakat bergabung dengan klub Premier League, Blackburn Rovers.

Sayangnya, saat Lewandowski akan terbang ke Blackburn untuk menandatangani kontrak, Gunung Eyjafjallajokull di Islandia meletus. Akibat letusan ini, sejumlah jadwal penerbangan di Eropa dibatalkan. Pun dengan perjalanan Lewandowski ke Inggris akhirnya batal.

Berakhirnya Kisah Thiago Alcantara dengan Liverpool

Letusan Gunung Eyjafjallajokull juga jadi biang kekalahan Barcelona pada laga semifinal Liga Champions 2009/2010. Lionel Messi cs yang harus melakoni laga leg 1 di markas Inter Milan, Giuseppe Meazza, tak bisa pergi melalui perjalanan udara.

Para pemain Barcelona harus melewati perjalanan darat selama sembilan jam menuju Milan. Kelelahan di perjalanan, Barcelona pun tumbang dalam laga melawan Inter dengan skor 1-3.

Mendarat di Jerman

Timnas Inggris Dapat Kabar Buruk dari Harry Kane

Akhirnya, Lewandowski diboyong Dortmund dari klub Polandia, Lech Poznan. Saat itu, pemain kelahiran Warsawa 21 Agustus 1988 ini ditebus hanya dengan dana sebesar 4,5 juta Euro, atau senilai dengan Rp72,1 miliar. 

Bersama Dortmund, Lewandowski tampil beringas. Dalam empat musim kariernya di Signal Iduna Park, pemain yang akrab disapa Lewy ini mampu mencetak 103 gol dalam 187 penampilan di semua ajang.

Bukan cuma itu, Lewandowski juga ikut mengantar Dortmund meraih dua gelar juara Bundesliga secara beruntun, musim 2010/2011 dan 2011/2012. Musim 2012/2013, Lewandowski bahkan mampu mengantar Die Borussen lolos ke final Liga Champions. Sayangnya, striker bertinggi 185 cm gagal membawa Dortmund juara setelah kalah 1-2 dari Bayern dalam laga di Wembley.

Setelah itu, Lewandowski diboyong Bayern pada 2014. Ketajamannya semakin terlihat bersama The Bavarians dalam enam musim kiprahnya. Total, Lewandowski mencetak 193 gol dalam 244 laga di semua ajang bersama Die Roten. Ia juga ikut membawa Bayern meraih lima gelar juara Bundesliga, dua gelar Piala Jerman (DFB-Pokal), dan tiga gelar Piala Super Jerman (DFB-Supercup). (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya