Ikut Campur soal Muslim Uighur, Mesut Oezil Salah Langkah

Pemain Arsenal, Mesut Oezil melakukan provokasi kepada suporter Valencia
Sumber :
  • BT Sport

VIVA – Mesut Oezil menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Sebabnya dia mengecam umat muslim di dunia yang hanya diam saja melihat muslim Uighur ditindas pemerintah China.

GAC Aion Pakai Teknologi Canggih Untuk Baterai Mobil Listrik Produksinya

Pernyataan Oezil itu memantik pro dan kontra. Di China bahkan Premier League sampai diboikot, karena pemain asal Jerman itu memperkuat Arsenal.

Tidak cuma China yang bereaksi atas pernyataan Oezil. Mantan pemain Manchester City, Yaya Toure juga menilai apa yang dilakukan Oezil adalah kesalahan.

Indonesia and China to Deepen Cooperation in Investment and Manpower

Sebagai pesepakbola, seharusnya Oezil tetap fokus, dan tidak mencampuri politik. Toure yang pernah merumput di Liga China bersama Qingdao Huanghao tak segan menilai ucapan Oezil adalah kesalahan.

"Pesepakbola harusnya tetap bersama sepakbola, dan politik milik politikus. Karena Anda tidak dapat terlibat dengan hal seperti ini dan itu, sehingga akan menyebabkan banyak masalah," ujar Toure, dikutip dari Telegraph.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

"Sebagai seorang muslim, itu rumit dan itu adalah pilihannya. Dia sudah melakukan komentarnya, tapi saya pikir dia salah mengatakan itu," tuturnya.

Oezil sendiri masih belum bereaksi atas sikap pemerintah China yang mengecam pernyataannya. Namun, masalah ini sudah merembet ke beberapa pihak lain, termasuk pemerintah Amerika Serikat.

Wuling BinguoEV

Mobil Listrik Wuling Laku Keras di PEVS 2024

Cloud EV, mobil SUV listrik terbaru Wuling, menjadi bintang utama dengan mendominasi angka pemesanan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024