Islamofobia Marak di Eropa, Mesut Oezil Jawab dengan Kutipan Alquran

Gelandang Arsenal, Mesut Oezil.
Sumber :
  • https://www.instagram.com/m10_official

VIVA – Gelandang Arsenal, Mesut Oezil merasa jengah dengan maraknya Islamofobia di Eropa belakangan ini. Pemain asal Jerman ini memiliki cara menyentuh agar citra terhadap umat Islam bisa berubah.

Islamofobia di Prancis Makin Mengkhawatirkan, Ribuan Orang Lakukan Demonstrasi

Dalam unggahannya di Instagram, Oezil mengutip Alquran surat Al-Fushilat ayat 34. Ayat tersebut merupakan perintah Allah untuk membalas keburukan dengan kebaikan.

“Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia” (QS. Fushilat : 34).

Islamofobia di AS Mencapai Rekor Tertinggi Sejak Tahun 2023 Akibat Perang Israel di Gaza

Baca juga: Mesut Oezil Lantang Bersuara saat Islam Diinjak-injak

Oezil memiliki alasan bijak terkait hal tersebut. Menurutnya, membalas keburukan dengan kebaikan adalah satu-satunya cara untuk melawan Islamofobia atau stigma negatif mengenai Islam.

Islamofobia Menggila di Inggris, Tiga Masjid Dibobol saat Ramadhan

"Sungguh disayangkan Islamofobia dan anti Islam semakin banyak di Eropa dan di belahan dunia lain. Media memiliki peranan besar terkait hal ini," kata Oezil.

"Jawaban pribadi saya mengenai hal ini. Kita harus menanggapi Islamofobia dan anti Islam dengan cara yang tak bakal memperkuatnya, yakni dengan melucuti dan membungkamnya dengan kebaikan," tegasnya.

Oezil memang sosok yang lantang saat agamanya Islam diinjak-injak. Yang terbaru, Oezil mengkritisi ucapan Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Macron mendukung pelaku pelecehan Nabi Muhammad dan menyebut Islam sebagai pusat dari terorisme.

Baca juga: Cuitan Lengkap Mesut Oezil soal Muslim Uighur yang Sempat Heboh

Sebelumnya, Oezil dengan lantang mengkritisi sikap Pemerintah China terhadap Muslim Uighur di kawasan Xianjiang. Hal ini disebut-sebut menjadi penyebab dia dicoret dari skuad Arsenal musim ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya