Daftar Pemain Sepakbola Penakluk Kanker

Pemain belakang Athletic Bilbao, Yeray Alvarez (kanan)
Sumber :
  • REUTERS/Vincent West

VIVA.co.id – Nasib malang menimpa bek muda Athletic Bilbao, Yeray Alvarez. Setelah menjalani tes medis, pemain berusia 21 tahun ini didiagnosis menderita kanker testis.

Kebelet Pipis, Kiper Ini Kencing di Atas Lapangan

Alvarez merupakan salah satu pemain jebolan akademi sepakbola Bilbao, yang tengah naik daun. Ia sukses menembus skuat senior tim berjuluk Les Leones musim 2015/2016 lalu.

Kepastian diagnosis kanker yang diderita Alvarez, dikonfirmasi langsung oleh Kepala Tim Medis Athletico Bilbao, Jotxean Lekue. Diungkap Lekue, dalam tes medis yang dilakukan, terdapat tumor di salah satu buah zakar Alvarez. 

Lionel Messi Beli Rumah, Alasannya Bikin Bengong

Sebagai tindakan lanjutan, Alvarez akan menjalani proses operasi untuk mengangkat tumor tersebut. Dikatakan Lekue, operasi pengangkatan akan dilakukan pekan depan. 

Ini menjadi kabar duka bagi dunia sepakbola Spanyol. Meski demikian, Alvarez masih bisa menjaga asa, mengingat banyak atlet yang mampu menaklukkan kanker yang diderita.

Bruno Fernandes Tuai Hujatan karena Aktingnya yang Gagal

Seperti dilansir Marca, Minggu 25 Desember 2016, berikut ini daftar lima pemain yang berhasil menaklukkan kanker yang dideritanya:

Jose Francisco Molina: 
Kiper Spanyol yang pernah memperkuat Valencia, Atletico Madrid dan Deportivo La Coruna itu pada tahun 2002 didiagnosis menderita kanker testis dan harus absen merumput.

Beruntung, kanker Molina didiagnosis dengan segera. Hasilnya, dia bisa sembuh dalam tempo pemulihan hanya 10 bulan. Dia pun sudah bisa kembali tampil di lapangan hijau.

Jerman 'Mono' Burgos: 
Bek Atletico Madrid asal Argentina ini didiagnosis menderita kanker stadium lanjut di ginjalnya. Kebiasaan merokoknya sejak usia muda merupakan penyebab langsung.

Tapi dengan kegigihannya, dia mampu sembuh dan bisa bermain lagi. Setelah pensiun sebagai pemain, saat ini dia menjadi staf pelatih Atletico di bawah Diego Simeone.

Luboslav Penev: 
Dia harus absen dalam semusim pada 1994 karena harus berjuang melawan kanker testis. Pemain Amerika Serikat itu pun harus absen di Piala Dunia 1994.

Namun perjuangannya melawan kanker berbuah manis. Penyakitnya sembuh dan dia bisa kembali bermain. Pada 1995, dia bahkan meraih gelar ganda bersama Los Colchoneros.

Sergio Aragoneses: 
Pemain Spanyol itu dua kali harus melawan penyakit kanker. Pada tahun 2005 dan 2007. Dia harus menjadi kemoterapi berat sambil tetap aktif di lapangan hijau.

Ebbe Sand: 
Setelah tampil di Piala Dunia 1998, striker Denmark itu didiagnosis terkena kanker testis. Penyakit yang membuatnya sempat memilih untuk pensiun dini.

Namun, proses pemulihan yang cepat membuat dia masih tetap aktif bermain. Kariernya bahkan sangat cemerlang saat dia memperkuat klub Jerman, Schalke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya