Tujuh Skill dan Teknik Khas Para Bintang Sepakbola

Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Skill mengagumkan kerap dipertontonkan oleh pesepakbola di atas lapangan. Tapi dari sekian banyak ada di antara mereka yang memiliki teknik olah bola atau permainan yang khas, dan berikut ini beberapa di antaranya:

1. Andres Iniesta - La Croqueta

Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi

Gelandang Spanyol dan Barcelona ini dikenal pandai melakukan drible. Bola seakan tidak mau melepas dari kakinya jika sudah dikuasai.

Tapi yang paling khas dan menjadi ciri dari Iniesta adalah teknik La Croqueta. Ialah cara melewati lawan dengan memindahkan bola dari satu kaki ke kaki lain sambil bergerak menghindar.



2. Ronaldinho - Elastico

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat


Yang satu ini pasti sudah banyak diketahui. Teknik drible dengan menyeret bola dengan kaki luar dari satu arah ke arah lain dipopulerkan oleh penyerang Brasil tersebut. Tapi sebenarnya, gerakan itu pertama kali diperkenalkan oleh Ravelino pada 1970.



3. Manuel Neuer - Sweeper Kiper

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Kiper Bayern Munich dan tinmas Jerman ini sungguh unik dan eksentrik. Tak mau kalah mencuri perhatian dari pemain dari lini lain, Neuer pun memilik teknik khusus yakni mengubah posisinya dari kiper menjadi bek.

Neuer acap kali sengaja maju sampai tengah lapangan ketika timnya melalukan serangan. Dia juga sering ikut-ikutan menerjang pemain lawan yang sedang membawa bola, padahal tugas itu biasa dilakukan oleh bek.



4. Francesco Totti - Il Cucchiaio


Dalam bahasa Indonesia, Cucchiaio artinya sendok. Lalu mengapa teknik khas milik Totti bisa diberi nama tersebut?

Teknik Totti ini adalah sebuah tendangan. Dia melepaskan sepakan dengan cara menyendok/mencongkel bola hingga melambung. Sang pangeran Roma sudah sering mencetak gol dengan cara tersebut.



5. Cuauhtemoc Blanco - Cuahtemina

https://pbs.twimg.com/media/BhBbVD5CAAA2waO.jpg

Blanco adalah penyerang lawas timnas Meksiko. Dia dikenal memiliki skill olah bola yang hebat.

Teknik yang akan selalu dikenang darinya adalah Cuahtemina, yaitu cara melewati lawan dengan menjepit bola di kedua kaki, lalu membawanya melompat.

6. Cristiano Ronaldo - Ronaldo Chop

https://pbs.twimg.com/media/B7TnEZRCUAEOi1X.jpg

Tentu nama yang satu ini tak boleh dilewatkan. Meski banyak skill pernah dipamerkan, tapi ada satu yang begitu melekat dengan CR7, yaitu teknik keeping dengan menarik bola dari arah belakang untuk mengubah haluan gerak. Cara yang cukup sederhana, namun selalu sukses mengecoh lawan-lawan.

7. Ricardo Quaresma - La Trivela

http://static.sportskeeda.com/wp-content/uploads/2015/02/ricardo-quaresma-1422851313.jpg

Quaresma sering mempraktekkan teknik ini untuk mencetak gol. La Trivela adalah tendangan melengkung yang dilepaskan dengan menggunakan kaki bagian luar. Biasanya tendangan ini membuat bola sulit dijangkau dan mengarah ke sudut tiang jauh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya