Menerka Peluang Madrid Lolos Usai Ditekuk Wolfsburg

Real Madrid mengusung misi comeback usai dikalahkan VfL Wolfsburg
Sumber :
  • Reuters / Fabian Bimmer

VIVA.co.id - Kejutan terjadi di leg 1 perempat final Liga Champions, Rabu 6 April 2016 (Kamis dini hari WIB). Real Madrid dikalahkan tim kuda hitam asal Jerman, VfL Wolfsburg dengan skor 0-2 di Volkswagen Arena.

Ricardo Rodriguez membobol gawang Madrid yang dikawal Keylor Navas, lewat titik penalti, di menit 18. Gol Maximilian Arnold di menit 25, menambah derita Los Blancos.

Hasil ini membuat tugas berat menanti Madrid di leg 2, di Santiago Bernabeu pada 12 April 2016 mendatang. Tim besutan Zinedine Zidane ini perlu kemenangan dengan skor minimal 3-0, untuk melenggang ke semifinal.

Bisakah Madrid mewujudkan misi ini? Menurut catatan Mister Chip, ada 678 laga di kompetisi Eropa, di mana tim tamu kalah 0-2 di leg 1. Dan, ada 115 kali sebuah tim mampu melakoni comeback (17 persen).

Namun, Madrid sebenarnya tak perlu berkecil hati. Mereka punya catatan cukup bagus, usai kalah 0-2 di leg 1, di kompetisi Eropa.

Tercatat, Los Blancos sudah 3 kali mengalami kondisi sulit ini. Hasilnya, mereka 2 kali sanggup membalikkan keadaan, dan hanya sekali gagal lolos.

Di perempat final European Cup (Piala/Liga Champions) 1979/80, Madrid di luar dugaan kalah 0-2 saat tampil di markas Glasgow Celtic. Namun, di leg 2, mereka mampu bangkit dengan meraih kemenangan 3-0.

Kondisi serupa terjadi di semifinal Piala UEFA 1984/85 saat menghadapi Inter Milan. Los Blancos kalah 0-2 di Giuseppe Meazza. Namun, di Santiago Bernabeu, Los Blancos mampu menghajar La Beneamata 3-0 dan melenggang ke partai final.

Satu-satunya kegagalan Madrid lolos usai kalah 0-2 di leg 1, terjadi di babak 2 European Cup 1989/90. Madrid kalah 0-2 dari AC Milan di San Siro. Di leg 2, mereka hanya mampu menang 1-0, sehingga harus tersingkir. (one)
 

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!
Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024