Filipina Ikuti Jejak Indonesia Punya Badan Antariksa Sendiri

Tim luar angkasa Filipina.
Sumber :
  • mashable

VIVA – Filipina akhirnya punya badan antariksa sendiri. Peraturan soal Phillipine Space Agency atau PhilSA belakangan disetujui oleh DPR mereka. Dengan kepemilikan tersebut, Filipina tercatat menjadi negara keenam di Asia Tenggara yang memiliki badan antariksa sendiri. 

Terpopuler: Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis hingga 5 Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem

Filipina mengikuti jejak negara tetangganya yang sudah ke luar angkasa lebih dahulu, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam. Demikian seperti dilansir Mashable, Minggu 9 Desember 2018.

PhilSA sedianya mengatur mengenai ilmu pengetahuan luar angkasa, engineering, dan prinsip ilmiah. Badan tersebut juga bakal menjadi bagian Pemerintah Filipina terkait isu ilmu pengetahuan dan teknologi luar angkasa. 

Sekolah di Filipina Tutup Hingga 30 Orang di Thailand Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Sebelum terbentuknya PhilSA, Filipina melakukan kolaborasi dengan Jepang soal urusan luar angkasa. Kedua negara ini tercatat pernah merilis mikrosatelit Diwata 2. Mikrosatelit ini dirilis untuk memotret pencitraan bumi dan melakukan penilaian lingkungan. Serta juga memantau kerusakan akibat dari bencana.

Ke depan, PhilSA nantinya bakal turut ditangani oleh Badan Penanggulangan dan Manajemen Risiko Bencana Nasional, Administrasi Pelayanan Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina, serta Badan Pemetaan Nasional dan Sumber Daya Informasi.

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah
Timnas Indonesia U-17 Wanita vs Filipina

Kata Pelatih Timnas Indonesia U-17 Wanita Usai Dibantai Filipina

Timnas Indonesia U-17 Wanita harus mengakui keunggulan tim U-17 Filipina 1-6. di laga perdana Grup A di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin 6 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024