5 Blackberry Baru Selamatkan 'Nyawa' RIM?

Kantor pusat RIM, produsen BlackBerry di Kanada
Sumber :
  • rim.com

VIVAnews - Research in Motion memperkenalkan sejumlah produk Blackberry terbaru, yang akan segera diluncurkan. Ada lima produk Blackberry terbaru yang siap dilempar ke pasaran, yang menggunakan sistem operasi Blackberry 7 OS sebagai andalan RIM dalam meningkatkan penjualannya.

Seperti dikutip dari laman CNNMoney, rencana RIM meluncurkan produk baru Blackberry ini pun membuat saham RIM naik lebih dari 5 persen di Wall Street. Karena itu RIM berharap lima Blackberry terbarunya akan menjadi hit, untuk menyelamatkan perusahaan, yang baru saja memangkas 10 persen karyawan sebagai strategi efisiensi.

Wajar jika RIM berharap sistem operasi Blackberry OS 7 dan lima produk barunya bisa menjadi penyelamat bagi RIM yang sedang kerja keras untuk survive. Di kuartal pertama tahun fiskal ini, yang berakhir 31 Mei, penjualan RIM meningkat 16 persen hingga US$4,9 juta. Namun, peningkatan ini jauh dari prediksi yang analis yang memperkirakan RIM bisa meraih US$5,2 juta.

Di kuartal pertama itu, RIM mengaku telah menjual 13,2 juta perangkat Blackberry, termasuk 500.000 tablet Playbook. Angka itu dinilai mengecewakan, karena tak memenuhi target 13,5 juta hingga 14,5 juta perangkat Blackberry terjual di kuartal itu.

Namun, analis menilai produk terbaru Blackberry tidak akan menjadi solusi bagi permasalahan perusahaan. "Sangat bagus bisa melihat model baru akan segera keluar," kata analis dari BGC Partners, Collin Gillis. "Tapi transisi yang lebih luas seharusnya sistem operasi QNX."

RIM mengakuisisi QNX dari Harman International tahun lalu. Wajar jika banyak orang yang menantikan RIM segera menerapkan sistem operasi QNX di produknya. "Ini lebih sesuai dengan perangkat high end (canggih) yang ada sekarang," ucap Gillis.

Peter Misek, analis dari Jefferies & Co, juga menilai model terbaru Blackberry tidak cukup memuaskan investor untuk jangka panjang. "Saya rasa pasar menunggu perangkat yang menggunakan QNX. Review-nya memang baik, tapi tidak bisa jadi solusi masalah mereka," ujar Misek.

RIM disarankan membuat perangkat baru yang bisa bersaing dengan iPhone atau smartphone berbasis Android, yang saat ini sangat mendominasi pasar. Misek menganggap, keputusan RIM mempertahankan sistem operasi lama merupakan upaya bertahan sebelum sistem operasi QNX diluncurkan.

Langkah ini sama seperti upaya Nokia yang tetap menjual ponsel dengan sistem operasi Symbian. Padahal, Nokia telah membuat kesepakatan dengan Microsoft dan akan meluncurkan smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 7 pada Februari mendatang.

Lima Blackberry terbaru akan diluncurkan, yaitu Bold 9900, Bold 9930, Torch 9810, Torch 9850, dan Torch 9860. Blackberry Torch 9810, yang merupakan handset touchscreen dengan slide-down qwerty keyboard, akan diluncurkan bulan ini. Sedangkan model lain akan diluncurkan setelahnya. (umi)

Profil Francois Letexier, Wasit Kontroversial di Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23
Prabowo Subianto hadiri acara PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Prabowo : Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024