13 Misteri yang Harus Dikuak pada 2015 (II)

Perayaan Winter Solstice di Stonehenge
Sumber :
  • REUTERS/ Kieran Doherty

VIVAnews - Tahun 2014 telah terlewati dan kini menginjak 2015. Sepanjang tahun lalu, terjadi beragam peristiwa yang hingga kini masih menjadi misteri hingga kini.

Ragam misteri itu mulai dari peristiwa antariksa, penerbangan, pembunuhan hingga serangan siber. Berikut peristiwa misterius yang harus segera dipecahkan pada tahun ini dikutip Mashable, Senin 5 Januari 2015.

7. Batu Stonehenge

Sejumlah arkeolog mengungkap rahasia baru berjejer Stonehenge di Inggris Raya. Di bawah struktur batu berusia 5 ribu itu terdapat ribuan kuil, monumen, pemakaman yang tidak bisa dijelaskan.

Temuan itu membantah kepercayaan sebelumnya yang menganggap Stonehenge mandiri, struktur terisolasi. Pemetaan bawah tanah mengungkap ada 17 kuil tetangga di sekitar situs.

Pengungkapan peta bawah tanah Stonehenge itu diyakini hanyalah awal dari misteri yang lebih besar dari batu kuno tersebut. Arkeolog yang meneliti batu kuno itu optimistis misteri bakal terungkap tak lama lagi.

8. 43 Siswa lenyap

Hampir empat lusin siswa SMA di Meksiko dilaporkan raib tak berbekas setelah mereka dihalau polisi atas rencana berdemonstrasi.

Polisi diduga menyerahkan kelompok siswa ke geng narkoba, sedangkan penyelidik menduga kuat polisi membunuh semua siswa.

Namun, janggalnya, jika dibunuh, setidaknya ada beberapa bagian tubuh yang ditemukan. Nyatanya, 43 siswa itu tak berbekas.

Menyusul insiden itu, hampir 80 orang ditangkap atas dugaan penculikan. Wali kota beserta istri, dan kepala polisi setempat ditangkap.

9. Peretasan Sony

Perusahaan teknologi Jepang, Sony, menutup tahun 2014 dengan nasib sial. Peretasan pada sistem Sony Picture Entertainment membuat rencana Sony merilis film terbaru akhir tahun berantakan. Dokumen film-film terbaru pun dibobol peretas.

Salah satu yang menarik yakni peretasan diduga atas balasan rencana film The Interview. FBI menuduh Korea Utara adalah otak peretasan itu, dengan dalih Korea Utara emosi atas film The Interview yang menghina pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un.

Meski tuduhan AS itu masih belum tentu benar, tapi negeri Paman Sam ngotot menuding Korut. Sementara itu, versi lain, peretasan bukan didalangi oleh Korut, tapi dimotori oleh salah satu mantan karyawan Sony Picture yang sakit hari telah dipecat perusahaan.

Jeffrey Carr, ahli keamanan siber mengatakan tuduhan dalang peretasan kepada Korea Utara adalah kesalahan besar, sebab internet Korea Utara justru berasal dari perusahaan Thailand.

Siapa dalang dan motif peretasan hingga kini masih gelap.

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

10. Tornado Kembar

Juni tahun lalu, kota kecil Pilger, Nebraska, wilayah Amerika Serikat luluh lantak dilanda tornado kembar. Akibat peristiwa itu dua orang tewas dan dua lusin lainnya luka.

Enhanced Fujita Tornado Damage Scale, lembaga pencatat tornado menyebutkan tornado kali ini sangat jarang terjadi. Tornado kembar itu muncul setinggi 200 mil per jam. Salah satu tornado langsung melewati kota, sedangkan satu tornado berputar melalui kota dan dari sebelah timur kota.

Tornado dahsyat itu bahkan sampai terlihat dari antariksa. Satelit NASA melihat tornado itu seperti lubang luka di permukaan Bumi. Kedua tornado terpisah dalam jarak 2 mil.

Atas peristiwa itu, ilmuwan belum mengetahui profil tornado tersebut. Ilmuwan tak tahu kenapa beberapa badai guntur berputar yang disebut supersel, menghasilkan tornado, sedangkan badai lain yang mirip malah tak menimbulkan tornado.

Sementara itu, Greg Carbon, ahli meteorologi Storm Prediction Center menyebutkan tornado di Pilger itu termasuk tornado yang langka dan sebuah contoh dari "tornado yang kompleks".

11. Misteri Kapal

Swedia dibuat pusing dengan munculnya jejak kapal selam misterius yang bersembunyi di perairan dekat ibu kota negara, Stockholm. Banyak pejabat menuding kapal itu merupakan kapal milik Rusia.

Petugas Swedia pun bergerak menyisir dan mencari seharian. Namun, akhirnya nihil, pemerintah mengurungkan niat melanjutkan pencarian kapal selam misterius itu. Swedia dengan tegas menyebutkan kapal selam itu adalah kapal asing, namun negara asal kapal selam itu masih misterius.

12. Kasus Adanan Syed

Kasus pembunuhan pada 1999 diungkap kembali. Seorang pemuda, Adnan Syed menjalani hukuman seumur hidup setelah dituduh membunuh mantan pacarnya, Hae Min Lee saat keduanya menempuh pendidikan di SMA.

Setelah diselidiki melalui tayangan investigasi Serial, terungkap beberapa fakta tak ada saksi mata yang menjerat Syed.

Saksi yang sebelumnya menyatakan Syed ada di lokasi saat Lee terbunuh juga tak sempat ditemui. Kini, pengadilan Maryland, AS segera akan memutuskan nasib Syed pada bulan ini.

13. Penculikan Boko Haram

Hampir 300 siswa SMP di Chibok, Nigeria diculik pada April tahun lalu oleh kelompok teroris Boko Haram.

Sebulan berselang, militer Nigeria melancarkan operasi pembebasan gadis yang ditawan tersebut. Sayangnya, kepala staf pertahanan Nigeria, Marsekal Udara Alex Badeh mengakui operasi memang menggunakan kekerasan.

Meski militer telah mengetahui lokasi para gadis tersebut, Badeh enggan mengungkapkan lokasi yang dimaksud. Untuk itu, Departemen Pertahanan AS tak bisa turun tangan membebaskan para gadis.

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Baca juga:

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab



Kemenkominfo mengadakan kegiatan chip in

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan chip in yang mengusung tema “Periksa Fakta Sederhana” pada tanggal 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024